Ciptakan Kenyamanan Kerja, Turn Over Akan Minim

Kesimbangan peran antara karyawan lama dan karyawan baru juga menjadi syarat untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman.

Pada tahun lalu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menerima penghargaan internasional Gallup Great Workplace Award 2015. BCA menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang menerima penghargaan ini. Tidak mudah menerima penghargaan ini karena Gallup melakukan survei terhadap 60.000 perusahaan kelas dunia.

Subur Tan

Subur Tan

Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang berhasil membangun lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi karyawannya.

Hal ini pula yang membuat BCA terus berupaya merekrut staf berkualitas serta terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan profesional. Penghargaan ini akan mendorong BCA menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi.

Subur Tan, Direktur BCA, mengatakan terpilihnya BCA sebagai penerima penghargaan ini salah satunya juga karena turn over karyawan BCA sangat minim, yakni sekitar 2 persen. “Artinya, BCA adalah tempat kerja yang paling nyaman di Indonesia,” kata dia.

Menurut Subur, untuk meminimalisasi turn over maka perusahaan harus menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman. Hal ini tentu tidak mudah. Apalagi, BCA telah mempekerjakan lebih dari 23 ribu orang karyawan.
Subur mengatakan salah satu cara untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman adalah perusahaan harus memantapkan tujuan yang hendak dicapai. Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi. BCA memiliki visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Dari visi tersebut, BCA membuat Tata Nilai demi menciptakan tempat kerja yang nyaman. Tata Nilai tersebut antara lain fokus pada nasabah (customer focus) , integritas (integrity), kerja sama tim (teamwork), dan berusaha mencapai yang terbaik (continuous pursuit of excellence) . “Jika ada perbedaan itu menjadi kekayaan bukan jadi keributan sehingga butuh interaksi dan komunikasi,” kata dia.

Kesimbangan peran antara karyawan lama dan karyawan baru juga menjadi syarat untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman. Menurut dia, butuh kesadaran tinggi bahwa yang paling utama dalam bekerja adalah kemampuan, bukan masa kerja atau umur.

Dengan pembinaan yang tepat dan mentoring, karyawan yang muda dan tua dapat terus bergerak untuk memajukan perusahaan secara bersama-sama dengan profesional. Karyawan yang lebih muda akan menghormati yang tua dan yang muda yang memiliki jabatan lebih tinggi tetap akan respek terhadap karyawan yang lebih tua.

Demi terus mendorong kemampuan sumber daya manusia (SDM), perusahaan juga perlu membuat program pengembangan karyawan. Tak berhenti di situ, perusahaan juga harus menghargai berbagai inovasi yang diciptakan oleh karyawan.

Menurut Subur, komunikasi yang baik juga menjadi salah satu syarat untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman. Dengan cakupan wilayah yang luas, BCA harus membuat forum-forum yang tujuannya untuk menciptakan interaksi antara kantor cabang dengan kantor pusat. Menurut Subur, karyawan kantor pusat tidak boleh merasa superior dibandingkan cabang karena semua memiliki peranan penting dalam memajukan perusahaan.

Tak heran, selain Gallup Great Workplace Award 2015, BCA juga menerima berbagai penghargaan lain di bidang Human Capital, yaitu Indonesia Human Capital Award 2016, The 8th Indonesia Most Experiental Brand Activation Award 2015, HR Excellence Award Tahun 2015, 2014 dan 2013, dan Employer of Choice Award 2015. Untuk penghargaan Indonesia Human Capital Award 2016, penghargaan yang diraih yaitu dalam kategori The Best Human Capital for Public Company, The Best HC Business Impact, The Best Human Capital Strategy, The Best Learning Development, The Best Employee Engagement, The Best Organization Strategy, The Best Performance Management, The Best HC Architecture, The Best HR Technology, The Best Industrial Relations, dan The Best Human Capital – Of The Year 2016.

Sumber : Website BCA Prioritas

Seperti diketahui, BCA menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia peraih penghargaan ‘Great Workplace Award’ dari perusahaan konsultasi strategis Gallup. Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang berhasil membangun lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi karyawannya.

Hal ini pula yang membuat BCA terus berupaya merekrut staf berkualitas serta terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan profesional.

Penghargaan ini akan mendorong BCA menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi.

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + two =