Dari Bakat Seni Hingga Sukses Bisnis Album Foto ( Bagian 2)

Dalam memasarkan produk, Freddy memiliki pendekatan yang berbeda. Ia lebih memilih melakukan personal approach dari sisi edukasi. Jadi, dalam praktiknya, Susan Photo Album team akan menjadi konsultan bagi para konsumennya.

Susan Photo Album

Susan Photo Album

Tak heran bila pasar Susan Photo Album sudah melebar ke Australia, Singapura, Malaysia, dan Eropa sejak tahun 2000an. Selain berjualan album foto, Freddy juga merambah bisnis kecantikan, spa & resort, dan food & beverage karena melihat adanya peluang.

Bisnis ini ia kembangkan bersama istri dan anak anaknya. Dalam menjalankan bisnis, Freddy mengaku sangat dekat dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sebagai mitra bisnis, kata Freddy, BCA memberi banyak kemudahan dan memiliki jaringan yang luas.

Selain itu, BCA juga sering membantu untuk urusan bisnis. Hal-hal ini membuat saya semakin setia dengan BCA. “BCA selalu ada saat saya butuh,” ujarnya.

Generasi Penerus

Usia yang sudah tak lagi muda membuat Freddy juga memikirkan generasi penerus bisnisnya. Lio Adrian, anak laki-laki Freddy, pun sejak lama dipersiapkan untuk menjadi penerusnya. Sejak tahun 2000, Lio sudah terjun sepenuhnya di Susan Photo Album.

Lio mengaku, keinginannya melanjutkan usaha ini bukan karena suruhan ataupun paksaan. Bagi Lio, Seni dan Business merupakan Passion-nya sejak masih di bangku sekolah , dia sudah tertarik untuk berkarya seni pada hal yang ia kenali dan ia pahami karena sejak kecil karena melihat ayahnya bekerja.

“Anak saya juga tak melihat seberapa banyak penjualan saja, melainkan seberapa banyak Susan Photo Album bisa berdampak bagi industri photography secara global,” ujarnya.

Saat ini, Lio fokus pada business development , creative design, dan marketing agar menguatkan brand awareness Susan hingga mampu menembus pasar luar negeri lebih luas lagi .

“Banyak yang menilai pasar album foto sudah ‘senja’. Satu-satunya cara untuk bisa bertahan adalah mengikuti gelombang perkembangan jaman dan lifestyle masyarakat yang terus berkembang. Berinovasi sesuai pergerakannya , ciptakan produk produk yang berbeda dengan kompetitor . Selain itu, dengan terus membangun sistem produksi dan merek yang kuat, proses menembus pasar luar negeri akan semakin mudah,” pungkas Lio.

Sumber: http://smart-money.co/bisnis/dari-bakat-seni-hingga-sukses-bisnis-album-foto-2


Baca juga:

Dari Bakat Seni Hingga Sukses Bisnis Album Foto ( Bagian 1)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Susan Photo Album
Dari Bakat Seni Hingga Sukses Bisnis Album Foto ( Bagian 1)

Bagi warga Semarang ataupun kota besar lainnya, Susan Photo Album tentu sudah tak asing lagi. Usaha ini sudah berdiri sejak...

Close