Jangan Jadikan Jakarta Sebagai Sasaran Bangun Perusahaan Rintisan

Bila melihat kondisi yang sedang terjadi saat ini, tren menunjukkan bahwa perusahaan rintisan (startup) lebih banyak bermunculan di Jakarta. Padahal, bila mau, potensi yang sama besarnya juga bisa dilihat di wilayah lain.

“Jangan sampai jadi Jakarta sentris. Kota lain juga banyak memiliki potensi anak muda yang dapat berkarya melalui perusahaan rintisan,” ujar Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Utomo baru-baru ini.

Source: smart-money.co

Source: smart-money.co

Seperti diketahui, pemerintah memiliki target untuk menjadi pusat ekonomi digital pada 2020 di Asia Tenggara. Target ini bukan tanpa dasar, pemerintah melihat banyak teknopreneur bermunculan. Selain itu, pemerintah juga mendukung melalui pembangunan infrastruktur.

Regulasi untuk pendirian perusahaan rintisan juga dipermudah. Menurut Fadjar, kehadiran perusahaan rintisan di industri kreatif Indonesia akan memberi dampak positif bagi perekonomian nasional.

Bagaimana tidak, maraknya gelombang kemunculan perusahaan rintisan akan meningkatkan lapangan kerja serta pemberdayaan manusia dengan berbagai kemampuan. Namun, katanya, masih banyak pelaku perusahaan rintisan belum memiliki pengetahuan lebih untuk mengembangkan bisnis.

Pada akhirnya, hal ini akan mempengaruhi kemampuan perusahaan rintisan itu dalam menarik minat investor. Kategori perusahaan rintisan merupakan satu dari tiga sektor (film dan musik) yang akan menjadi fokus baru Bekraf.

Sebelumnya, Bekraf mengaku bahwa sektor kuliner, kriya, dan fesyen menjadi tiga sektor penyumbang terbesar total ekonomi nasional mencapai 70%.

Source: smart-money.co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *