Berita BCA Berita BCA

Jangan Lupakan Kanal Offline Ketika Sudah Online

Jangan Lupakan Kanal Offline Ketika Sudah Online

Kemajuan teknologi memang membuat banyak hal menjadi berubah, termasuk dalam hal berbisnis. Membangun bisnis secara daring (online) memang memberi banyak keuntungan dan menekan biaya.

Meski harus diakui bahwa daring menjadi pusat perhatian banyak pihak, namun jangan sampai kamu melupakan dunia nyata (offline), bahkan untuk perusahaan berbasis internet sekalipun.

Ambil contoh perusahaan layanan personal shopper HappyFresh yang ada di Android dan iOS. Perusahaan ini membuat pengguna bisa memesan bermacam kebutuhan di supermarket mitra seperti Ranch Market, Farmers Market, LOTTE, Super Indo, All Fresh, LOKA, dan lainnya.

Direktur Pelaksana HappyFresh Johan Antlov bilang, untuk menjadi perusahaan on demand, mengubah konsumen yang biasa menggunakan kanal offline saja ke daring tidaklah cukup.

Perusahaan harus tetap fokus pada hal offline dengan fokus pada personalisasi, promosi yang relevan, memberi pengalaman baik pada pengguna dengan kecepatan, pilihan lebih banyak, dan mudah digunakan.

“Mengubah kebiasaan masyarakat butuh upaya branding yang kuat. Selain branding, proses edukasi, targeting, aktivasi merek secara online-offline, dan menjalin keterlibatan dengan komunitas lokal juga sangat penting,” katanya.

Cara tersebut telah membuat HappyFresh berhasil masuk pasar Jakarta, Bandung, dan Surabaya serta di Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Thailand.

Sumber : smart-money.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved