Kisah Rifky & Robert Teruskan Toko Pratama

Banyak orang beranggapan bahwa meneruskan usaha orang tua lebih mudah dibanding merintis usaha sendiri. Namun, kenyataannya bertolak belakang. Ekspektasi serta kepercayaan jadi tantangan bagi generasi penerusnya.

Kisah Rifky & Robert Teruskan Toko Pratama

Kisah Rifky & Robert Teruskan Toko Pratama

Rifky (24) dan Robert (23) yang merupakan penerus usaha supermarket bahan bangunan Pratama milik sang ayah, Yacob Sudyono, juga mengakui sulitnya meneruskan usaha orang tua.

Keduanya mengaku butuh ketekunan tinggi untuk mempertahankan kesuksesan sang ayah dalam merintis toko yang dimulai sejak 1997.

“Beban dan tanggung jawab pasti besar. Tapi ini visi kami sejak dulu dan kebetulan juga kami dipercaya untuk mempertahankan dan mengembangkan lebih lanjut apa yang sudah dirintis papa dari nol,” ujar Rifky.

Tantangan besar keduanya adalah cara mempertahankan pelanggan loyal dan mencari pelanggan baru. Tentu, keduanya butuh usaha lebih keras untuk menjaring pelanggan baru dan memenangkan persaingan, mengingat banyak pesaing baru yang bermunculan.

Saat terjun langsung meneruskan toko, dua bersaudara ini tak langsung menempati posisi di manajemen. Keduanya belajar bekerja dari jabatan paling rendah seperti kasir, customer services, HRD hingga posisi pemasaran.

Selain tekun, dua bersaudara ini juga berinovasi mengembangkan situs untuk toko bahan bangunan. Hal ini muncul karena keduanya melihat perkembangan zaman yang kian modern dan segala macam hal bisa diakses lewat internet.

Situs supermarket ini berisi profil usaha, daftar produk, stok ketersediaan barang, spesifikasi, harga hingga jasa yang ditawarkan.

Situs kami sifatnya seperti katalog. Tapi kedepannya kami ingin mengembangkannya untuk e-commerce. Jadi semua pelanggan bisa belanja lewat situs,” ucap pria kelahiran September 1991 ini.

Dalam menjaring pelanggan baru, kedua bersaudara ini menghubungi berbagai pihak untuk memasarkan produk. Selain itu, mereka juga memanjakan pelanggan yang datang ke toko dengan program keanggotaan serta poin diskon.

Pelanggan juga dapat bersantai di convenience store Ofel, proyek murni dari Rifky dan Robert untuk diversifikasi usaha Pratama.

Untuk kenyamanan aktivitas perbankan perusahaan dan transaksi pembayaran, keduanya mengandalkan BCA sebagai mitra bisnis. Dan jika nanti situs e-commerce Toko Pratama sudah selesai, mereka tetap akan mempercayakan BCA sebagai salah satu alat pembayaran untuk memudahkan para pelanggannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − two =