Kisah Sukses Tintin Berdagang Kertas dengan Trade BCA

Ketika pasar tujuan ekspor sedang kurang bergairah seperti saat ini, pasar dalam negeri merupakan peluang yang bisa dipandang. Apalagi, konsumsi dalam negeri masih menjadi penyumbang terbesar dari Pendapatan Domestik Bruto Indonesia. Karena itu, sekalipun perekonomian global sedang lesu, permintaan dalam negeri tetap harus terjaga dan terpenuhi dengan baik.

PT Aneka Paperindo Sejahtera memulai kiprahnya di ranah distribusi produk kertas pada tahun 2000. Tintinwati Halim baru berusia 30 tahun ketika dipercaya ayahnya, Budi Haliman Halim, untuk merintis perusahaan ini di Jatiuwung, Tangerang. Ketika itu, sebagai pemegang Bachelor of Science di bidang Finance & International Banking dari California State University, Sacramento, ia rela meninggalkan posisinya sebagai manajer di sebuah bank swasta.

Tintinwati Halim - PT Aneka Paperindo Sejahtera

Tintinwati Halim – PT Aneka Paperindo Sejahtera

Ditemui di lokasi pabriknya di Jatiuwung, wanita yang akrab disapa Tintin ini memang mengaku memiliki passion di ranah marketing. Tak heran, karena Tintin lahir dari keluarga pebisnis yang memiliki sejumlah bisnis di Semarang. Namun di Jakarta, ia harus bergerilya sendiri dalam membesarkan Aneka Paperindo. “Kami adalah distributor resmi untuk anak perusahaan dari Sinarmas Group, Asia Pulp & Paper (APP),” ujarnya.

Selain produk-produk yang diproduksi APP, Aneka Paperindo juga terlibat dalam pembelian impor untuk sejumlah jenis kertas. Pasalnya, kebutuhan kertas di pasar domestik begitu bervariasi untuk penggunaan yang bervariasi pula, mulai dari HVS, buku, hingga kemasan food grade. Dan tidak semuanya dapat diproduksi oleh APP.

Selama 16 tahun berkiprah, bisnis Aneka Paperindo yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun dan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Tintin. “Bisa mempertahankan customer dan terus bertumbuh adalah sebuah achievement terbesar bagi saya. Hingga saat ini, kami terus memantau jenis-jenis kertas yang dipakai di luar negeri, menjajaki peluang yang bisa diambil, serta menjalin koneksi dengan para supplier baru di negara-negara lain,” terangnya.

Tintinwati Halim - PT Aneka Paperindo Sejahtera

Tintinwati Halim – PT Aneka Paperindo Sejahtera

“Salah satunya kertas yang ramah lingkungan,” ujar wanita penyuka travelling ini, “Ini perlu sertifikasi yang ketat dari FSC (Forest Stewardship Council). Untuk itu kami mengimpor dari berbagai negara, antara lain China, Jerman, dan Finlandia.” Kontribusi penjualan produk kertas terbesar saat ini, disebutkan Tintin, adalah bahan baku yang diperuntukkan sebagai kemasan, mulai dari varian yang murah hingga yang premium. Aneka Paperindo juga melayani pesanan dengan ukuran custom.

Bicara pasar domestik, menurutnya, biaya pengadaan yang tinggi menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Urusan pembayaran transaksi, misalnya, bisa menjadi persoalan bila infrastruktur fisik maupun sistem keuangan yang ada kurang mendukung. Karena itu, berbisnis di pasar domestik pun butuh kepastian mitra kerja dengan reputasi terpercaya, termasuk perbankan.

Dalam lima tahun terakhir, sejak permintaan terhadap produk bersertifikasi FSC semakin tinggi, Paperindo telah aktif memanfaatkan layanan transaksi SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri) dari Trade BCA. Tintin memilih Trade BCA karena dukungan jaringannya yang luas di dalam dan luar negeri, proses yang cepat, serta support dari BCA Trade Specialist yang berpengalaman sebagai personal consultant baginya.

PT Aneka Paperindo Sejahtera

PT Aneka Paperindo Sejahtera

Trade BCA memang memberikan berbagai pilihan produk layanan dan jasa pembiayaan untuk mengakomodir transaksi perdagangan di dalam maupun luar negeri. Didukung jaringan luas lebih dari 2.030 bank koresponden di seluruh dunia, kantor cabang yang terhubung on-line di seluruh Indonesia, sistem pemrosesan transaksi perdagangan yang canggih dan aman, biaya transaksi yang kompetitif, tersedia dalam 14 jenis mata uang asing, serta One Day Service untuk memproses permohonan yang telah memenuhi persyaratan.

“SKBDN dari Trade BCA prosesnya cepat dan didukung oleh Trade Specialist yang berpengalaman, sistem dan tim operasional yang andal,” ujar Tintin yang menjadi nasabah BCA sejak tahun 2002 ini. “Layanan BCA tidak ada duanya. Top of the top. Kalau ada masalah, saya tinggal angkat telepon dan hubungi person in charge-nya, dan masalah langsung diselesaikan. Kami benar-benar merasakan support dari BCA.”

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − one =