Konsisten Tingkatkan Kinerja BCA, Jahja Setiaatmadja Raih Marketeer of The Year 2015

Apa yang menjadi kesamaan antara Jahja Setiaatmadja, Ignasius Jonan, Arief Yahya, Dino Patti Djalal, Dahlan Iskan, Emirsyah Satar, dan Chairul Tandjung? Ya, nama-nama besar ini pernah berdiri di panggung MarkPlus Conference sebagai peraih penghargaan Marketeer of The Year. Setiap tahun, penghargaan ini diberikan kepada satu individu yang paling bersinar dari sisi marketing spirit dalam menjalankan kegiatan pemasaran perusahaannya di Indonesia.

Konsisten Tingkatkan Kinerja BCA, Jahja Setiaatmadja Raih Marketeer of The Year 2015

Konsisten Tingkatkan Kinerja BCA, Jahja Setiaatmadja Raih Marketeer of The Year 2015

Telah berlangsung selama satu dekade, The 10th Annual MarkPlus Conference 2016 kembali digelar oleh MarkPlus, Inc bekerja sama dengan Majalah Marketeers dan Indonesia Marketing Association (IMA) di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (10/12). Mengusung tema “New Market + New Marketing in Challenging Times, What Is Your Growth Action?“, acara ini diikuti oleh 5.000 peserta, melibatkan lebih dari 500 perusahaan, dan mengundang 50 panelis pilihan dari berbagai industri.

Tahun ini, giliran Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja yang mendapatkan penghargaan sebagai Marketeer of the Year 2015 dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Commercial Banking Sector atas dedikasinya memimpin BCA. Jahja dinilai berhasil membawa BCA mempertahankan kinerja usaha yang positif di tengah gejolak ekonomi nasional dan global.

Menurut CEO MarkPlus Hermawan Kartajaya, Jahja dianggap berhasil membuat perubahan di Indonesia dari kacamata pemasaran. “Penghargaan ini merupakan pengakuan kepada marketeer di Indonesia yang tidak hanya sukses memimpin perusahaan, tapi juga memberikan efek positif bagi masyarakat banyak. Para pemenangnya memiliki kreativitas dan juga produktivitas sehingga berhasil menciptakan perubahan yang lebih baik di berbagai sektor industri,” kata Hermawan.

Konsisten Tingkatkan Kinerja BCA, Jahja Setiaatmadja Raih Marketeer of The Year 2015

Konsisten Tingkatkan Kinerja BCA, Jahja Setiaatmadja Raih Marketeer of The Year 2015

Dalam pidato kemenangannya, Jahja menyatakan, “Marketing spirit tercipta bukan hanya karena inisiasi dari satu orang, namun dari kekompakan sebuah tim. Semangat tersebut muncul karena adanya persatuan yang solid, demikian halnya dengan marketing spirit yang dimiliki oleh keluarga besar BCA. Penghargaan yang diraih pada hari ini merupakan representasi keberhasilan BCA dalam melakukan strategi marketing yang jitu dan mengikuti tren di Indonesia.”

Ketika kinerja industri perbankan Indonesia mengalami perlambatan, BCA di bawah kepemimpinan Jahja konsisten meraih pertumbuhan. Pada kuartal ketiga 2015, BCA mencatatkan pendapatan operasional Rp 34,4 triliun atau naik 13,9%. Laba bersih BCA pun mencapai Rp 13,37 triliun atau tumbuh 9,6% dibandingkan tahun 2014. Sedangkan rasio kredit macet atau non-performing loan BCA bertengger di 0,7%.

Meski sukses mendapat penghargaan marketing paling prestisius di Indonesia ini, Jahja mengaku tidak pernah mengenyam pendidikan pemasaran. Namun ia mengaku cukup berhasil dalam beberapa produk yang dipasarkan BCA, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Peningkatan juga terjadi pada Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Peningkatan pelayanan juga dilakukan dengan memperkuat call center Halo BCA. “Mereka tak hanya terima pengaduan, tapi juga mampu memberi edukasi finansial kepada nasabah,” kata Jahja.

MarkPlus Conference kali ini juga memberikan anugerah Indonesia Marketing Champion 2015 kepada 18 orang yang berprestasi di 18 sektor Industri yang dinilai berhasil menerapkan semangat marketing yang membawa dampak positif bagi perusahaan, masyarakat, serta menjadi teladan bagi para pemasar lainya. Selain menjadi Marketeer of The Year 2015, Jahja Setiaatmadja juga meraih Indonesia Marketing Champion di sektor Commercial Banking.

Kedua penghargaan tersebut melengkapi beberapa pencapaian yang telah diraih oleh Jahja sepanjang 2015, seperti Best CEO dalam Finance Asia Award’s: Asia’s Best Companies 2015, salah satu CEO terbaik pilihan harian Bisnis Indonesia, Best CEO, Asia Money’s Best Executive 2015 pada Asia Money Award 2015 di Hong Kong, Tokoh Perbankan Indonesia pada Anugerah Perbankan Indonesia 2015, Spoke Person of The Year 2015 pada PR People of The Year 2015, The Most Admired CEO 2015 versi Warta Ekonomi, dan sejumlah penghargaan lainnya.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Source: http://smart-money.co/bisnis/perusahaan-rintisan-lokal-ini-siap-jadi-unicorn-indonesia
Perusahaan Rintisan Lokal Ini Siap Jadi Unicorn Indonesia

Kebanyakan orang mengetahui Unicorn sebagai sosok kuda bertanduk. Namun, hal ini berbeda bila konteksnya adalah perusahaan rintisan. Unicorn memiliki definisi...

Close