Memilih Kota Terbaik Untuk Berbisnis

Dalam survei kali ini, Surabaya dinilai kalangan usaha sebagai kota bisnis tervaforit lantaran meraup skor Index Best Cities (IBC) sebesar 80,16.

Lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam memilih tempat berbisnis.

Best Cities for Business

Tak hanya lokasi, kota yang dijadikan sandaran untuk berusaha juga merupakan hal yang penting. Pasalnya, bisnis kita juga akan semakin maju dan berkembang jika pemerintahnya mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbisnis.

Berdasarkan survei yang dilakukan Majalah SWA, pada tahun ini ada sekitar 20 kota terbaik dalam mendukung bisnis. Survei tersebut tertuang dalam Indonesia Best Cities for Business 2016.

SWA melakukan survei terhadap lebih dari 280 pengusaha nasional, baik sebagai pemilik perusahaan, CEO, maupun general manager yang memiliki pengalaman bisis di sejumlah daerah.

Terdapat delapan parameter penilaian yang dilakukan kota-kota tersebut, antara lain infrastruktur, dukungan pemerintah daerah, perizinan, lahan, pajak daerah, tenaga kerja, keamanan berbisnis, dan pelayanan terpadu.

Dalam survei kali ini, Surabaya dinilai kalangan usaha sebagai kota bisnis tervaforit lantaran meraup skor Index Best Cities (IBC) sebesar 80,16. Skor tersebut lebih tinggi 2-3 poin dari Kabupaten Bogor (78,26), Kota Tangerang (78,25), Kota Malang (77,83), dan Kabupaten Tangerang (77,46).

Kota Jakarta dinilai kalangan usaha sebagai kota terbaik dengan indeks sebanyak 80,40. Hanya saja, Jakarta tidak dicantumkan dalam peringkat Best Cities for Business lantaran posisinya sebagai ibu kota negara dan dipimpin kepala daerah tingkat I atau gubernur.

Berikut peringkat 20 kota terbaik untuk berbisnis:

1. Kota Surabaya

2. Kabupaten Bogor

3. Kota Tangerang

4. Kota Malang

5. Kabupaten Tangerang

6. Kota Surakarta

7. Kota Yogyakarta

8. Kota Balikpapan

9. Kota Bandung

10. Kota Bogor

11. Kabupaten Bandung

12. Kota Bekasi

13. Kota Denpasar

14. Kota Depok

15. Kota Makassar

16. Kota Semarang

17. Kota Batam

18. Kabupaten Serang

19. Kota Palembang

20. Kota Medan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tax
Serial Tax Amnesty : Mengenal Uang Tebusan Program Tax Amnesty

Sebaiknya Anda menghitung dengan teliti uang tebusan yang dibayarkan, karena tidak ada prosedur pengembalian uang tebusan yang lebih disetor ke...

Close