Mengintip Peluang Bisnis Cold Egg

Kabupaten Banyuwangi kini telah memiliki daerah sentra produksi “cold egg” atau telur dingin, sebagai bahan baku pembuatan roti dan kue. Dalam sehari, sentra ini bisa memproduksi sampai 2 kuintal telur dingin untuk perusahaan roti berskala nasional.

Ismail Marzuki, Direktur Marketing Pt Synergy Jaya Makmur, mengatakan telur yang digunakan untuk memproduksi cold egg adalah telur yang masih fresh. Telur tersebut diambil dari peternak ayam yang memiliki dokter hewan.

Cold Egg

Cold Egg

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas telur dan untuk menentukan tanggal kadaluarsa cold egg. Telur yang dipilih adalah telur yang memiliki cangkang yang utuh dan tidak retak. Kemudian telur dicuci dan dipasteurisasi agar salmonella, flu burung, bacteria coli yang ada di cangkang telur mati.

Satu kali proses pasteurisasi hanya 5 kilogram agar telur tidak pecah. Setelah proses pasteurisasi, telur dipecah secara manual lalu diaduk menggunakan mesin paling lama 5 menit untuk mencampur putih dan kuning telur. “Tidak boleh sampai mengembang karena akan mempengaruhi cold egg. Nanti rusak,” jelas dia seperti dilansir Detik.

Setelah itu, telur disaring kembali untuk menghilangkan sisa cangkang yang ikut teraduk. Kemudian telur dikemas dalam pastik dengan berat satu kilogram. Terakhir, telur yang telah dikemas dimasukkan dalam cold storage dengan temperatur -18 derajat hingga menjadi beku dan bertahan antara 6 bulan sampai satu tahun.

Selain memenuhi standar hygiene dan sanitasi, produk telur beku ini juga mengantongi uji halal dari MUI sehingga telur beku whole egg ini masuk dalam kategori premium. Satu kilogram cold egg bisa dihargai Rp 30 ribu karena mengikuti pembelian harga telur yang di produksi.

Dengan mengunakan cold egg, pembuatan roti dan kue lebih mudah karena takaran yang digunakan pas. Ia mencontohkan jika membeli telur utuh di pasaran, maka saat digunakan tidak pas satu kilogram karena 20 persen berat adalah cangkang telur.

Menurut dia, saat ini di Jawa Timur hanya terdapat dua perusahaan yang memproduksi cold egg yaitu Banyuwangi dan Kediri. “Bedanya kalau di Kediri itu kuning dan putihnya di pisah. Pembuatan cold egg ini pangsa pasarnya masih sangat luas,” pungkas dia.

Source : Website BCA Prioritas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + eleven =