Meski Hanya Lulus SD, Anna Buktikan Ia Bisa Sukses (Bagian 1)

Dalam dunia bisnis, banyak variabel yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Tiap orang punya proses masing-masing dalam mencapai titik sukses. Tak terkecuali Anna. Wanita ini hanya mengenyam pendidikan hingga bangku sekolah dasar (SD) saja.

Namun, tak ada yang mengira kini hidupnya berubah total. Ia menjadi salah satu pedagang sukses di Tanah Abang. Semuanya berawal dari semangat besar Anna untuk mengubah nasibnya.

Anna, Zeal

Anna, Zeal

“Dulu saya adalah pegawai konveksi, jadi saya buat baju untuk orang lain. Saya berpikir, kapan saya bisa punya usaha sendiri,” kata istri dari Darwin itu.

Tiap uang yang ia dapat, Anna selalu menabungnya. Uang ini akan ia jadikan modal untuk merintis usahanya sendiri. “Ketika saya ikut orang, saya juga belajar bagaimana cara untuk berdagang sendiri,” katanya.

Akhirnya, Anna mulai merintis usahanya tak lama setelah kerusuhan 1998. Di saat yang sama, Anna mengaku sudah bekerja sama PT Bank Central Asia Tbk (BCA). “Saat itu, BCA membantu saya untuk membeli dua toko,” katanya.

Di tokonya, Anna berdagang pakaian spandek. Pada 2009, Anna juga masuk bisnis pakaian dengan bahan denim. “Saya memilih bahan denim karena sifatnya yang abadi, karenanya saya juga ubah nama toko saya yang awalnya bernama Bille menjadi Zeal yang berarti semangat saya,” katanya.

Untuk bahan, Anna langsung mendatangkannya dari Bandung. Selain itu, soal rancangan pakaian, semuanya berasal dari rancangan Anna sendiri yang kemudian dilanjutkan pada CMT (Cut, Make, Trim) atau jasa makloon untuk dikerjakan.

Anna punya strategi khusus untuk mengetahui apakah rancangannya akan laku atau tidak. “Jadi, dari satu rancangan, saya tidak akan langsung membuatnya dalam jumlah banyak. Ketika saya coba jual dan ternyata laris, baru saya akan buat dalam jumlah banyak,” katanya.

Berlanjut ke bagian kedua untuk mengetahui kisah Anna memberdayakan warga di kampung halamannya sekaligus berbagi rezeki.

Source : smart-money.co

 


Baca juga:

Meski Hanya Lulus SD, Anna Buktikan Ia Bisa Sukses (Bagian 2)

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 15 =