Pendiri Facebook Punya Trik Jitu Jalani Hidup Hemat (2)

Kendaraan sederhana

Setelah urusan pakaian, tempat tinggal, ternyata untuk urusan kendaraan, Mark juga tak mau bermewah-mewah. Mark ternyata masih setia dengan mobil tua yang ia miliki. Alasannya, mobil tersebut masih aman dan nyaman ia kendarai.

Jadi, Mark masih tetap berpegang pada prinsip kenyamanan, bukan kemewahan. Ia menilai, membeli kendaraan mewah hanya akan membuatnya repot menyiapkan anggaran untuk perawatan mobil tersebut.

Terlebih lagi, mobil mewah butuh anggaran lebih tinggi untuk perawatan.

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook (source: smart-money.co)

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook (source: smart-money.co)

Anti buang uang untuk hal tak penting

Selain untuk urusan pendukung gaya hidup, untuk urusan pengelolaan uang pun Mark sangat ketat. Ia selalu berpegang untuk hidup hemat, ia hanya akan mengeluarkan uang untuk mewujudkan keinginannya saja.

Ia memastikan bahwa uang yang ia keluarkan hanya untuk kebutuhannya saja. Misalnya, saat menggelar pernikahan, ia memilih halaman rumah belakangnya. Meski sederhana, ia berhasil mewujudkan mimpinya tersebut.

Setelah menikah pun, Mark dan istri, Priscilla Chan, pergi berbulan madu ke tempat umum yang banyak orang datangi. Kemudian, tak segan makan di McDonald Italia adalah menjadi salah satu tujuan bulan madu keduanya.

Bila mau, Mark dan istri bisa pergi ke pulau pribadi dengan kekayaan mereka, namun prinsip hemat tetap mereka pegang.

Apa yang dilakukan Mark tentu bisa menjadi pelajaran berharga. Untuk mencapai hidup yang lebih baik, orang tak harus hidup dengan mewah. Buktinya sangat nyata, Mark yang kaya raya saja tetap menjalankan hidup hemat, mengapa kita tak mencobanya?

Pastikan mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan dalam segala hal. Tak perlu menghabiskan uang untuk membeli hal yang tak perlu dan hanya akan menambah beban pengeluaran.

Source: smart-money.co


Baca sebelumnya:

Pendiri Facebook Punya Trik Jitu Jalani Hidup Hemat (1)

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published.