Perusahaan Rintisan Lokal Ini Siap Jadi Unicorn Indonesia

Kebanyakan orang mengetahui Unicorn sebagai sosok kuda bertanduk. Namun, hal ini berbeda bila konteksnya adalah perusahaan rintisan. Unicorn memiliki definisi perusahaan rintisan yang memiliki nilai mencapai lebih dari US$1 miliar (Rp13,9 triliun).

Di ASEAN sendiri, kian banyak perusahaan rintisan bermunculan. Terlebih lagi, populasi di ASEAN kebanyakan adalah usia produktif. Hal tersebut membuat kawasan ini menjadi pasar yang sangat menarik untuk digarap.

Tak heran bila banyak perusahaan asing berlomba-lomba melakukan investasi di ASEAN. Baru-baru ini, Tech Crunch juga sempat melaporkan bahwa investor raksasa asal Amerika Serikat (AS) sekelas Sequioa Capital dan Tiger Global gencar menanamkan modal di ASEAN.

Terlebih lagi, Produk Domestik Bruto (PDB) wilayah ini menembus US$ 2,57 triliun (Rp35.555,95 triliun). Jadi, tak heran bila banyak unicorn muncul, termasuk Garena, Grab Taxi, Tokopedia dan Traveloka.

Garena merupakan pembuat game populer Point Blank dan FIFA Online 13. Perusahaan platform gaming asal Singapura ini mendapat suntikan dana dari Ontario Teachers Pension Plan sebesar US$ 2,5 miliar.

Nama Grab Taxi melejit setelah berhasil masuk enam pasar di luar Malaysia. Pencapaian tersebut membuat Grab Taxi menjadi aplikasi pemesan taksi terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Tokopedia merupakan perusahaan rintisan lokal yang didirikan William Tanuwijaya. Perusahaan ini menjadi salah satu unicorn Indonesia di 2016 ini. Bagaimana tidak, Tokopedia mendapat dukungan dari Softbank dan Sequoia Capital.

Traveloka juga menjadi unicorn lokal lainnya. Perusahaan ini melesat pada 2016. Hingga kini, terhitung nilai transaksi perusahaan ini sudah mencapai US$ 1 miliar.

Source: http://smart-money.co/bisnis/perusahaan-rintisan-lokal-ini-siap-jadi-unicorn-indonesia

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Ini Dia Startup Paling Dicari Pemburu Kerja

Perusahaan rintisan (startup) sepertinya memang sedang menjadi primadona di Indonesia. Bagaimana tidak, dalam hasil riset terbarunya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet...

Close