Pilihan Kota di Luar Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

Sebentar lagi liburan akhir tahun. Sudah punya rencana mau menghabiskan liburan di mana? Sudah ada agenda pasti? Rerencanakan liburan secara rapi dan terencana dalam menyusun itinerary alias jauh-jauh hari. Pasalnya bakal dapatkan ongkos tiket pesawat atau hotel dengan rate kompetitif. Kalau last minute beresiko mendapatkan rate yg paling mahal.

Berikut adalah beberapa destinasi bagus di luar kota Jakarta yang patut dikunjungi tanpa budget besar, dan beberapa tips menggunakan uang saat berlibur.

Sumber Foto: http://travelblog.ticktab.com/wp-content/uploads/2014/11/pantai-pasir-putih-Lampung.jpg

Sumber Foto: http://travelblog.ticktab.com/wp-content/uploads/2014/11/pantai-pasir-putih-Lampung.jpg

Bandar Lampung

Daerah ini bisa jadi destinasi menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru. Jaraknya pun tak jauh dari Ibu Kota. Di provinsi paling selatan Pulau Sumatera ini punya banyak pilihan wisata yang tak kalah menarik.

Misalnya saja Pantai Pasir Putih. Waktu tempuh ke obyek wisata ini hanya 20 menit dari pusat kota. Pantainya yang putih bersih dan laut biru sangat sedap dipandang.

Pilihan lainnya ke Menara Siger yang jadi ikon Lampung. Masuk ke kawasan ini mesti menebus tiket Rp 5.000 per orang. Paling asyik menghabiskan malam pergantian tahun di lokasi ini.

Sumber Foto: http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/03/Pantai-Maron.jpg

Sumber Foto: http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/03/Pantai-Maron.jpg

Semarang

Ibu Kota Jawa Tengah ini bisa jadi pilihan liburan. Lalu ke Pantai Maron. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ahmad Yani. Masuk ke kawasan itu cukup bayar Rp 3.000 per orang.  Alternatif lain ke Pantai Tirang yang lokasinya juga berdekatan dengan bandara. Pantai ini cocok bagi yang suka atraksi memancing, khususnya ikan kakap dan ikan kerapu.

Berikutnya, kalau ingin menikmati bangunan khas di Semarang, silakan menuju Pagoda Buddagaya Watugong. Ini pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 45 meter.

Sumber Foto: http://www.jayanjayan.com/wp-content/uploads/2015/05/Jembatan-Ampera.jpg

Sumber Foto: http://www.jayanjayan.com/wp-content/uploads/2015/05/Jembatan-Ampera.jpg

Palembang

Jembatan Ampera! Lokasi ini harus masuk daftar yang dikunjungi. Pasalnya, tak lengkap berkunjung ke Palembang tanpa ke Jembatan Ampera. Di sini banyak hal yang bisa dilakukan. Utamanya wisata kuliner yang berjarak 50 meter dari jembatan. Di situ juga ada pasar yang menjual oleh-oleh maupun souvenir.

Berikutnya bisa berkunjung ke Pulau Kemaro yang lokasinya di tengah Sungai Musi berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Ini adalah lokasi wisata favorit karena terdapat Pagoda berlantai sembilan. Dan yang menyenangkan ada Pohon Cinta. Konon, pasangan yang menuliskan namanya di pohon itu hubungan asmaranya bakal langgeng sampai kakek-nenek.

Sumber Foto: http://static.initempatwisata.com/mediafiles/2015/01/Pantai-Parai-Tenggiri-di-Babel.jpg

Sumber Foto: http://static.initempatwisata.com/mediafiles/2015/01/Pantai-Parai-Tenggiri-di-Babel.jpg

Pangkalpinang

Atraksi wisata apa saja di kota ini? Lumayan banyak daftarnya. Yang terkenal itu Pantai Tenggiri yang menawarkan keindahan perpaduan bebatuan alam berukuran raksasa dengan keindahan lautnya. Atau bisa juga ke Pantai Matras dan Pantai Pasir Padi.

Di kota ini juga biasa ada atraksi barongsai. Acaranya digelar di malam bulan purnama atau acara khusus masyarakat keturunan Tionghoa. Bisa juga lho dari Pangkalpinang pergi berwisata ke kota-kota di Bangka dengan menggunakan angkot. Lebih seru dan pastinya murah.

Sumber Foto: http://i1148.photobucket.com/albums/o562/dyearta/1-2_zps35f74f3d.jpg

Sumber Foto: http://i1148.photobucket.com/albums/o562/dyearta/1-2_zps35f74f3d.jpg

Jambi

Mari  berburu obyek wisata yang oke di Jambi. Yang rasional mungkin bisa ke Tanggo Rajo yang tak jauh dari Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari biar duit di kantong awet. Di sini bisa menikmati atraksi wisata kuliner di tepi perairan Sungai Batanghari.
Yang doyan keramik mungkin bisa mampir ke kawasan Pasar Sitimang di Jl Sisingamaraja. Pasar ini sudah terkenal sebagai pusat penjualan keramik. Jangan heran kalau menemukan keramik dengan motif yang indah karena semuanya dikirim langsung dari China.

Lantas bagaimana membeli tiket pesawat dan booking hotelnya? Belilah dengan cara smart melalui merchant-merchant BCA KlikPay seperti: Traveloka.com, Tiket.com, Pegipegi.com dan Panorama-tours.com. Biasanya banyak promo-promo menarik yang ditawarkan oleh BCA KlikPay!
Atau kalau ingin mendapatkan promo-promo istimewa dari Kartu Kredit BCA, cek merchant-merchant berikut: Terlampir promo Travel dengan Kartu Kredit BCA.

Tips menjaga uang Anda aman

Nah, sekarang bagaimana tips menjaga uang Anda selama liburan? Yang terpenting adalah jangan membawa uang kas terlalu banyak, berbahaya. Bawa uang kas secukupnya saja. Simpanlah uang Anda dalam bentuk Paspor BCA, Xpresi BCA, Flazz dan Sakuku. Jangan lupa bawa uang plastik Kartu Kredit BCA. Biasakan sebisa mungkin melakukan pembayaran dengan non tunai, bisa dengan Debit BCA, KlikBCA, BCA KlikPay, Flazz, Sakuku atau Kartu Kredit BCA (Visa, Master dan BCA Card). Hampir semua Merchant kini memiliki EDC BCA.

Untuk pengambilan uang tunai, jangan takut susah mencari ATM BCA. ATM BCA ada dimana-mana. Untuk mencari lokasi ATM atau Cabang BCA terdekat, Anda tinggal download aplikasi “Info BCA” di Smartphone Anda, lalu klik lokasi BCA, di sana ada pilihan lokasi ATM atau lokasi Cabang BCA terdekat. Atau anda bisa juga akses ke www.bca.co.id.  Jika sinyal Smartphone Anda sedang bermasalah, silakan menelpon Halo BCA di 1500888.

Berikut tips jika Anda melakukan transaksi di ATM :

  • Tolak bantuan dari orang yang tidak Anda kenal,
  • Jangan berikan kartu Anda ke orang yang tidak dikenal, dan
  • Jagalah kerahasiaan Pin Anda (TutuPin).

Itulah kota-kota dan obyek wisatanya yang bisa jadi pilihan menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru, selain tentunya Jakarta, Bali dan Jogja yang sudah tidak asing lagi. Juga tips membeli tiket pesawat dan booking hotel hemat ala BCA. Semoga bermanfaat untuk Anda yang memerlukannya, dan semoga Anda bisa enjoy menikmati libur akhir tahun ini. Selamat Berlibur, Selamat Natal 2015 dan tahun baru 2016!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =