Rumah Kian Tak Terbeli Generasi Muda (Bagian 1)

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini generasi muda atau milenial sedang membanjiri bursa tenaga kerja di Indonesia. Generasi ini adalah mereka yang lahir pada 1981 hingga 1994. Sebuah hasil riset terbaru mengungkap fakta kurang menyenangkan untuk generasi ini.

Dalam lima tahun mendatang, tepatnya pada 2021, generasi ini makin kesulitan membeli rumah tinggal. Generasi ini terancam tak mampu membeli kebutuhan papan. Dalam hasil riset Rumah123.com dan Karir.com ini berdasarkan hubungan kenaikan gaji dan kenaikan harga rumah.

Source: smart-money.co

Source: smart-money.co

Menurut Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung, bila di sepanjang 2016 ini rata-rata gaji para generasi muda naik 10%, harga rumah sudah mengalami kenaikan setidaknya minimal sebesar 20%.

Saat ini, rata-rata pendapatan generasi muda ada di level Rp 6.072.111 per bulan. Sedangkan untuk mencicil rumah di Jakarta yang harga paling murahnya adalah Rp 300 juta, setidaknya butuh pendapatan minimal Rp 7,5 juta per bulan.

“Padahal, kenaikan harga rumah ini kami ambil yang paling minimal saat pasar properti sedang lesu seperti saat ini,” ungkap Untung.

Sementara itu, bila dilihat riwayat sejarahnya mulai 2009-2012 yang menjadi era di mana properti sedang meledak, kenaikan harga rumah bisa mencapai 200% atau 50% per tahun. Untuk lima tahun ke depan, Untung memprediksi bahwa kenaikan harga rumah bisa mencapai 150%.

Sementara itu, untuk pendapatan bulanan, Untung memprediksi hanya akan naik sekitar 60% untuk periode yang sama. Artinya, dengan perkirakan kenaikan minimal 20% per tahun, maka harga rumah saat ini yang dihargai Rp300 juta akan menjadi Rp750 juta.

Di sisi lain, bila dibandingkan dengan kisaran penghasilan generasi muda, pada 2021 mendatang, pendapatan mereka hanya akan naik menjadi Rp12 juta.

Berlanjut ke bagian kedua.

Source: smart-money.co


Baca juga:

Rumah Kian Tak Terbeli Generasi Muda (Bagian 2)

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
2017, BCA Optimis Terhadap Peranan Perbankan
2017, BCA Optimis Terhadap Peranan Perbankan

BCA optimis dengan kiprah perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi tahun depan dalam rangka memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Pada Rapat Kerja...

Close