Saat Usia 20 Tahunan, Orang Sukses Melakukan Hal Ini

Usia 20 tahunan menjadi masa terpenting bagi anak muda untuk membangun fondasi dalam hidup, karier, dan masa depan. Pengalaman memang guru hidup terbaik. Namun, kisah dari orang-orang sukses ini bisa menjadi bahan pelajaran juga seperti dikutip Business Insider.

 

Belajar mengelola waktu

Ketika membangun karier, mengelola waktu agar produktif memang tak mudah. Pengusaha Etienne Garbugli bilang, ia selalu membuat tenggat waktu saat kerja dan menghindari mengerjakan beberapa hal sekaligus.

Kebiasaan ini akan membuat waktu berjalan lebih efektif.

Uang bukan prioritas

Tak sedikit orang menghabiskan masa mudanya tanpa arah. Namun, ada pula yang takut gagal dan lebih memilih pekerjaan hanya untuk mendapat gaji. Kuncinya, kejar hal yang kamu sukai dan jadilah yang terbaik untuk perusahaan.

Belajar menabung

Hasil survei di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, 69% dari warga usia 18-29 tahun di AS tak menabung untuk pensiun. Bahkan, mereka tak sadar pentingnya dana untuk masa pensiun.

Pengusaha Aditya Rathnam bilang, tak perlu investasi terlalu banyak saat baru memulai karier. Hal terpenting adalah, ambil program dana pensiun serta investasi jangka panjang lainnya.

Belajar jaga kesehatan

Memulai rutinitas hidup sehat dan olah raga akan makin sulit bila terus ditunda. Selagi masih muda, bangun pola hidup sehat, makan teratur, serta pilih rutinitas positif.

Belajar gigih

Menjadi ambisius di masa muda dan mengalami masalah kerja, seperti dipecat, bisa mematahkan semangat. Namun, orang sukses bisa belajar dari kegagalan dan mengubahnya menjadi pelajaran dalam hidup.

Belajar untuk tidak berusaha menyenangkan semua orang

Di usia muda ini, memang menjadi saat tepat membangun hubungan dengan semua orang. Namun, ingatlah bahwa kamu akan bertemu orang yang tak kamu sukai. Ini normal dan bukan tanda kamu harus mengubah diri selama semuanya berjalan baik.

Belajar fleksibel

Memiliki tujuan karier memang sangat baik dalam memotivasi hidup. Namun, investor James Altucher bilang, kebanyakan masalah anak muda adalah mereka terlalu kaku. James meminta agar anak muda lebih fleksibel dan terbuka dengan pengalaman baru.

Terus belajar

Gelar dari universitas hebat memang membanggakan, namun jangan jadikan itu alasan untuk berhenti belajar. Baca buku sebanyak mungkin soal bidang yang kamu tekuni. Kembangkan terus keterampilanmu.

Source: smart-money.co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Jaya Sandi, Membawa Bisnis Keluarga Tumbuh Melesat

Dari kacamata luar, generasi penerus bisnis terlihat sangat beruntung dilahirkan dalam keluarga yang memiliki bisnis besar, sehingga tidak harus mengalami...

Close