Selenggarakan Seminar Softskill, BCA Maksimalkan Potensi Penerima Beasiswa

BCA kembali mengadakan rangkaian kegiatan sosial dalam memperingati HUT BCA yang ke-58. Kali ini, melalui program Bakti BCA Solusi Cerdas, BCA menggelar Seminar Mahasiswa yang bertajuk “Teknik Presentasi dan Komunikasi yang Efektif” yang diikuti oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) di ITB pada hari Sabtu (14/3).

Selenggarakan Seminar Softskill, BCA Maksimalkan Potensi Penerima Beasiswa

Selenggarakan Seminar Softskill, BCA Maksimalkan Potensi Penerima Beasiswa

Hadir dalam seminar tersebut Kepala KCU Bandung Rudy Kurniawan, Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB Brian Yuliarto, Sekretaris Bidang Kesejahteraan & Pengembangan Karakter Mahasiswa ITB Sandro Mihradiserta menghadirkan 2 pembicara utama Chief Manager Learning and Development Division BCA Hendra Tanumihardjadan Praktisi Komunikasi Moh Subagio.

Memasuki dunia kerja merupakan hal yang ditunggu-tungguoleh mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir. Namun, kenyataan membuktikan bahwa dunia kerja tidaklah semudah yang dibayangkan oleh mahasiswa. Dibutuhkan etos kerja, motivasi, kreasi dan inovasi yang tinggi untuk dapat masuk dan bertahan di dunia pekerjaan saat ini. Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja menjadi mutlak diperlukan.

“Di usia yang ke-58 ini, BCA ingin memaknainya dengan berbagi kepada sesama. Kami menyadari perkembangan BCA hingga saat inipun harus diikuti dengan perkembangan masyarakat di sekitar kami. Oleh karena itu, dalam sukacita ulang tahun yang ke-58 kami melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial. Hari ini, BCA menyelenggarakan seminar bagi mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Bakti BCA untuk meningkatkan softskill.” ujar Rudy.

Di lain pihak, data Organization for Economic Co-operation Development (OECD) menyatakan bahwa pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah sarjana terbanyak di dunia. Peningkatan jumlah sarjana ini ternyata tidak sejalan dengan penyerapan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah pengangguran sarjana di Indonesia mencapai 360 ribu orang per Februari 2013. Jumlah ini merupakan 5,04% dari total pengangguran di Indonesia yang mencapai 7,17 juta jiwa. Salah satu faktor penyebab rendahnya penyerapan lulusan sarjana ini adalah kualitas lulusan sarjana yang belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, perusahaan juga kesulitan dalam menemukan lulusan yang dapat berpikir kritis dan cepat menyesuaikan diri dengan dunia kerja.

Kondisi di atas mendorong BCA untuk memperlengkapi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja. Teknik presentasi dan komunikasi yang efektif menjadi topik-topik yang dipilih untuk disampaikan kepada para mahasiswa. Rudy Kurniawan, yang ditemui saat seminar, berharap dengan adanya seminar ini para mahasiswa lebih siap memasuki dunia kerja dan mampu memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan sehingga dapat menurunkan angka pengangguran.

BCA juga akan mengadakansebuah program mentoring yang akan dilaksanakan pada Selasa, 17 Maret di Universitas Diponegoro Semarang danmelakukan pemeriksaan mata gratis dan donasi kacamata kepada 17 sekolah binaan BCA di tiga wilayah yakni Serang, Yogyakarta dan Lampung. Selain itu, BCA juga akan menyerahkan bantuan buku untuk perpustakaan sekolah dan bantuan sarana prasarana untuk sekolah-sekolah binaan tersebut. Masih dalam rangkaian kegiatan sosial di HUT yang ke-58, BCA telah meresmikan dan melaksanakan pengobatan gratis di Klinik Bakti Medika Mangga Dua. BCA juga melaksanakan pengobatan gratis di Klinik Duri Utara, Jakarta Barat dan kegiatan-kegiatan lainnya sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang telah memberi dukungan dan kepercayaan kepada BCA.

Sesuai dengan tema “Lingkungan” yang diusung dalam ulang tahunnya yang ke-58, BCA juga mengadakan edukasi untuk menjaga lingkungan dalam acara bertajuk ”BCA Green Stage” di Car Free Day Jakarta, serta akan dilakukan penanaman mangrove di Jakarta dan 8 kota lainnya diantaranya Teluk Lamong Surabaya, Pejarakan Bali, Bengkayang Kalbar dan Lamujung Aceh. “Semuanya kami lakukan untuk membuktikan komitmen kami untuk menjawab kebutuhan nasabah bahkan masyarakat Indonesia.” tutup Rudy.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
e-Banking BCA
Beli Pulsa Listrik PLN di e-Banking BCA, Rebut Honda Mobilio

Sejak diluncurkan beberapa waktu yang lalu, fasilitas pembelian pulsa listrik PLN Prabayar melalui e-banking BCA telah dirasakan kemudahan dan kepraktisannya...

Close