No Widgets found in the Sidebar

Bertempat di Hall D JIExpo Kemayoran pada 20-21 Desember 2014 lalu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali berpartisipasi dalam pameran Pasar Keuangan Rakyat (PKR) 2014 bertema “Menuju Indonesia Cerdas Keuangan” yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) sebagai rangkaian acara Peluncuran Layanan Keuangan Mikro pada gelaran Pasar Keuangan Rakyat 2014 di Desa Nelayan Karangsong, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat (18/12).

Wujudkan Indonesia Cerdas Keuangan, BCA Dukung Pameran Keuangan Rakyat 2014
Wujudkan Indonesia Cerdas Keuangan, BCA Dukung Pameran Keuangan Rakyat 2014

Penyelenggaraan PKR 2014 dilatarbelakangi oleh hasil survei literasi keuangan yang menunjukkan bahwa 78,26 persen masyarakat Indonesia belum memiliki pengetahuan memadai mengenai lembaga keuangan beserta produk dan jasanya. Acara ini diikuti oleh 244 pelaku usaha jasa keuangan yang terdiri dari 6 industri jasa keuangan dan lembaga/asosiasi yakni perbankan, asuransi, pembiayaan, pegadaian, dana pensiun, serta pasar modal. Target pengunjung adalah karyawan LJK, konsumen keuangan, guru, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, pelaku UMKM, nelayan, petani, regulator, media dan komunitas lainnya.

Kegiatan pembukaan PKR 2014 dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Haddad, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, Direktur BCA Dhalia M. Ariotedjo beserta direksi LJK lainnya. Pada kesempatan tersebut BCA memberikan bantuan fasilitas kredit lokal dengan jumlah pagu kredit sebesar Rp 5 miliar dan pemberian fasilitas time loan recovery dengan pagu kredit sebesar Rp 1,5 miliar kepada debitur UMKM.

”Kegiatan yang diinisiasi oleh OJK ini patut didukung industri perbankan nasional, karena memilki tujuan positif yaitu menciptakan masyarakat cerdas keuangan. Sebagai bentuk dukungan kami, hari ini BCA memberikan fasilitas kredit kepada salah satu debitur kami yang bergerak di bidang UMKM,” ujar Dhalia.

Selain masalah literasi keuangan, PKR juga bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai akses terhadap LJK beserta produk dan jasa yang diberikan. Diungkapkan Dhalia, BCA senantiasa berupaya untuk memberikan akses yang mudah, aman dan nyaman kepada masyarakat. Untuk itu, pada pameran ini BCA memperkenalkan Layanan Keuangan Mikro sebagai solusi untuk kebutuhan keuangan seperti tabungan yang dikemas bersama asuransi mikro dan investasi emas dengan setoran awal yang terjangkau. Cukup dengan Rp250 ribu rupiah, calon nasabah BCA produk tersebut sudah bisa mendapatkan tiga layanan atau manfaat sekaligus, yaitu tabungan, asuransi atau proteksi dan investasi. Produk yang tergabung dalam layanan ini adalah produk TabunganKu dari BCA, Emas iB dari BCA Syariah, serta AsuransiKu dari BCA Insurance.

TabunganKu adalah tabungan khusus perorangan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain persyaratannya yang mudah dan ringan, TabunganKu membebaskan nasabah dari biaya administrasi bulanan, biaya kartu ATM, maupun biaya saldo di bawah minimum.

Emas iB merupakan fasilitas pembiayaan kepada nasabah untuk kepemilikan logam mulia dengan cara diangsur dan menggunakan akad jual beli (Murabahah). Nasabah dapat mencicil emas dengan angsuran yang ringan disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Adapun emas yang digunakan adalah emas 24 karat bersertifikat ANTAM serta diasuransikan pada asuransi yang terpercaya.

AsuransiKu dapat memberikan santunan kepada penerima manfaat/tertanggung atas kematian atau cacat tetap keseluruhan. Hanya dengan membayar premi tunggal sebesar Rp 50 ribu, tertanggung dapat memperoleh santunan sebesar Rp 30 juta jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian atau cacat tetap keseluruhan.

Selain itu, melalui booth BCA di PKR 2014 ini pengunjung juga bisa mengetahui lebih banyak mengenai Kredit Sepeda Motor (KSM). Kredit pembiayaan khusus kendaraan roda dua ini menggunakan jaminan angsuran yang rendah dan kompetitif. Adapun pada seremoni peluncuran di Desa Karangsong yang dihelat 18 Desember 2014 lalu, BCA turut menghadirkan edukasi mengenai Fire Cash, yakni layanan BCA yang dapat membantu Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri dalam mengirimkan uang kepada keluarganya di seluruh penjuru Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai seluruh layanan ini, dapat menghubungi Halo BCA di 500888 atau (021) 500888 dari ponsel serta melalui situs www.bca.co.id.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *