FIF Bidik Pembiayaan Rp 36 Triliun

PT Federal International Finance (FIF) memasang target pertumbuhan pembiayaan pada tahun ini sebesar 28%. Hal ini seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia dan dunia. Pada akhirnya, daya beli masyarakat akan naik.

Setiap pergantian tahun memunculkan harapan baru. Semua kalangan menyuarakan optimismenya di tahun 2017. Roda perekonomian bakalan berputar lebih cepat. Salah satunya juga karena pembangunan infrastruktur yang kian marak seiring masuknya likuiditas melimpah dari program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Kondisi ekonomi di 2016 cukup menantang. Penyebabnya lebih karena faktor eksternal, seperti fluktuasi nilai tukar, capital outflow, dan ketidakpastian di beberapa negara besar,' kata Suhartono, Direktur Utama PT Federal International Finance.

Menurutnya, perseroan masih akan fokus pada pembiayaan sepeda motor, baik baru maupun bekas, kredit multiguna, dan pembiayaan berbasis syariah. Pertumbuhan bisnis juga akan lebih cepat dengan didukung ekspansi jaringan. Jika dibandingkan 2016 yang hanya sekitar Rp 31,5 triliun, pembiayaan tahun ini diharapkan naik menjadi Rp 36 triliun.

"Bisnis juga semakin kondusif dengan keyakinan harga komoditas akan kembali naik, kondisi politik yang relatif stabil dan aman, serta likuiditas perbankan yang semakin terjaga. Masyarakat tetap membutuhkan motor sebagai alat transportasi," kata dia.

Suhartono menjelaskan, perseroan akan semakin berhati-hati agar ekspansi pembiayaan tak diikuti kenaikan pembiayaan bermasalah. Caranya, dengan selektif memberikan pembiayaan dan memperluas jenis pembiayaan ke sektor produktif dan berbasis syariah. Belanja modal perusahaan tergolong kecil, hanya untuk pembukaan cabang baru atau jaringan lainnya.

"Perusahaan menargetkan tumbuh 10-15%. Dalam hal total pembiayaan menjadi Rp 36 triliun di 2017. Laba diharapkan naik 5-10% dibandingkan 2016," ujar dia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)