Brands

Garda Oto, Sajikan Beragam Informasi dan Fitur di Kanal Digital

Rudy Chen, Presiden Direktur Asuransi Astra.
Rudy Chen, Presiden Direktur Asuransi Astra.

Garda Oto, asuransi mobil dari Asuransi Astra, memutakhirkan pelayanan di kanal digital guna meningkatkan kualitas pelayanan yang memudahkan nasabah mengakses produk asuransi serta beragam layanannya. Garda Oto, yang beroperasi sejak 1995, menyuguhkan pelayanan terbaik kepada konsumen di kanal digital.

Misalnya, situs gardaoto.com dan aplikasi Garda Mobile Otocare yang dilengkapi dengan chatbot pintar GarXia. Chatbot ini diklaim sebagai chatbot pertama di Indonesia yang mampu melayani kebutuhan asuransi mobil.

“Perlindungan Garda Oto, yang semula dapat diperoleh melalui dealer mobil dan agen mitra Garda Oto, kini mudah diakses melalui kanal digital,” kata Rudy Chen, Presiden Direktur Asuransi Astra.

Pembelian polis hingga melakukan proses klaim tanpa tatap muka di kanal digital ini menghemat waktu dan efisien. Contohnya, aplikasi Garda Mobile Otocare memudahkan nasabah memproses pembelian asuransi mobil, mengajukan klaim, memantau status perbaikan mobil, melakukan perluasan atau endorsement, membarui (renewal) polis, bahkan mendapatkan layanan darurat Garda Siaga dengan fitur share location.

Rudy mengatakan, inovasi digital itu merupakan pengembangan produk dan pemasaran Garda Oto dalam tiga tahun terakhir. Nasabah semakin dimanja. Sebut contoh, fitur dan user interface/user experience (UI/UX) aplikasi Garda Mobile Otocare rutin dimutakhirkan.

Salah satu fitur aplikasi ini adalah Garda Mall. Pada fitur ini pengguna dapat membeli berbagai macam kebutuhan otomotif dan produk keuangan Astra Financial, serta jual-beli mobil bekas. Aplikasi Garda Mobil Otocare memenuhi segala kebutuhan serta asuransi mobil kepada konsumen.

Media sosial juga dioptimalkan sebagai kanal komunikasi, pemasaran, dan edukasi. Akun Garda Oto di Twitter, Facebook, YouTube, dan Instagram serta website, WhatsApp, hingga surat elektroniknya rutin menyajikan beragam informasi tersebut.

Jurus ini kian meningkatkan keterikatan (engagement) nasabah dengan Garda Oto. “Kanal-kanal ini kami kelola secara mandiri dengan tenaga profesional yang mahir. Standar service level dimonitor dengan ketat sehingga pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung bersama Garda Oto ataupun Asuransi Astra,” papar Rudy.

Adanya kanal digital merupakan langkah responsif Garda Oto yang berinovasi untuk menyiasati perubahan perilaku masyarakat di era pandemi Covid-19. “Inovasi, kreativitas, dibarengi dengan kolaborasi yang memastikan bisnis akan tetap terjaga atau sustain dalam mengarungi masa-masa penuh kejutan saat ini,” ia menandaskan.

Garda Oto juga tak mengabaikan kualitas pelayanan di saluran konvensional. Pelanggan dapat dengan mudah mengajukan klaim di kantor cabang, gerai Garda Center, contact center Garda Akses, dan layanan darurat Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA) yang dilengkapi armada dengan sistem hidrolik, siap membantu pelanggan setiap hari selama 24 jam.

Perpaduan kanal digital dan konvensional alias omnichannel ini mendongkrak kepercayaan publik untuk membeli asuransi kendaraan bermotor yang memberikan ketenangan dan kenyamanan (peace of mind). Dampaknya terhadap kinerja bisnis: pangsa pasar Garda Oto terjaga.

“Di tengah stagnannya pasar kendaraan bermotor selama pandemi, Garda Oto mampu bertahan dan terus menjaga market share-nya di industri asuransi, khususnya kendaraan bermotor,” ungkap Rudy. (*)

Darandono & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved