Nutrifood Tularkan Gaya Hidup Sehat

Sehat dimulai dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil. Gula bisa menjadi sahabat di meja makan. Tapi, juga bisa berbalik menjadi musuh karena memicu diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Bersama penyakit jantung dan stroke, diabetes adalah pembunuh nomor satu di dunia.

Inilah yang mendorong PT Nutrifood mengembangkan produk Tropicana Slim. Empat puluh tahun silam, perseroan sudah memiliki tekad yang kuat untuk menularkan gaya hidup sehat. Terutama, pada konsumsi gula, garam, dan lemak.

“Saat itu, gaya hidup sehat belum menjadi tren. Saat sudah naik, Nutrifood dengan Tropicana Slim-nya sudah berada jauh di depan. Inilah kunci sukses merek-merek lain di bawah Nutrifood,” kata Presdir Nutrifood, Mardi Wu.

Mardi Wu, Presdir PT Nutrifood Mardi Wu, Presdir PT Nutrifood

Misi menularkan gaya hidup sehat tak semudah membalikkan tangan. Perseroan melakukannya dari dalam kemudian keluar. Mereka lebih dulu mendorong para karyawannya untuk menerapkan gaya hidup sehat sebelum menginspirasi keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Para karyawan ini juga meyakini, bekerja di Nutrifood memiliki nilai sosial tinggi.

“Mereka merasa berguna buat orang lain hidup lebih sehat. Tak sekadar cari untung di bisnis ini. Ini yang membuat karyawan lebih engage karena mereka bermakna buat orang lain. Mereka bekerja dengan passion tinggi,” kata dia.

Dia menjelaskan, karyawan diajak hidup lebih sehat dengan membangun kultur yang kuat dalam perusahaan dan membangun kebiasaan hidup sehat. Mereka diajak lebih memilih makanan sehat dan aktivitas yang menyehatkan. Ini tentu memakan waktu yang tidak sebentar.

Harapannya, mereka bisa mentransformasi gaya hidup sehat dalam keluarganya. Para karyawan juga didorong untuk rutin melakukan pengecekan kondisi kesehatan tubuh, terutama untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih.

“Makan siang di kantor disediakan perusahaan dengan menu yang lebih sehat. Karyawan didorong menggunakan tangga di kantor. Tangga dibuat menarik sehingga tidak ada pasangan. Ada ruang nge-gym di kantor dengan beberapa instruktur,” kata dia.

Setelah itu, Nutrifood juga menularkan gaya hidup sehat ke masyarakat. Salah satunya, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Perseroan juga menginisiasi kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menjadikan model karyawan sehat ini bisa diduplikasi di area yang lebih luas.

“Tantangannya adalah membuat produk yang menyehatkan tetapi tetap enak rasanya. Jika tidak enak, tujuan untuk mencapai hidup lebih sehat tidak akan tercapai. Kami mendorong RnD untuk membuat produk yang enak, misalnya untuk gula rendah kalori. Rasanya mirip gula konvensional,” ujar dia.

(Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)