IBBA

Sanyo, Baurkan Pemasaran di Toko Konvensional dan Digital

Yuji Kasuga, General Manager Sanyo.
Yuji Kasuga, General Manager Sanyo.

PT Setrindo Prima (Sanyo) dalam tiga tahun terakhir mencatatkan pertumbuhan penjualan pompa air lebih dari dua kali lipat di setiap tahun. Angka ini diklaim melampaui pertumbuhan penjualan perusahaan sejenis yang menjual pompa air.

Yuji Kasuga, General Manager Sanyo, mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan ini merupakan keberhasilan perusahaan dalam menjaga kualitas produk, melakukan aktivasi pemasaran di platform digital dan toko konvesional, serta memberi konsumen kemudahan memperoleh layanan purnajual yang prima.

Selain itu, lanjut Yuji, Sanyo menambah varian pompa air. Tahun ini, Sanyo menyuguhkan pompa air booster (pompa pendorong dengan watt yang lebih besar) dan pompa submersible (4 tipe).

Ke depan, Sanyo akan mengembangkan varian pompa air yang dibutuhkan masyarakat di perkotaan. Yuji menjabarkan, penambahan varian produk ini untuk menjawab kebutuhan konsumen, meningkatkan loyalitas dealer, mempertahankan kualitas produk dengan cara yang lebih efisien, serta meningkatkan daya saing agar bisa berkompetisi dengan kompetitor di masa mendatang.

Untuk mendukung pemasaran, Sanyo memperkuat jaringan bisnis di toko konvensional dan menyediakan kanal penjualan di toko dalam jaringan (e-commerce) untuk merespons keinginan konsumen, khususnya generasi milenial. Pemasaran dan penjualan di kanal digital ini juga untuk mengantisipasi tren pemasaran pompa air Sanyo yang diprediksi semakin meningkat via online dibandingkan dengan masa sebelum pandemi Covid-19.

Ketersediaan toko fisik dan online ini dibarengi dengan strategi pemasaran yang menggencarkan promosi dan pemasaran di kanal digital (iklan dan aneka ragam konten seperti edukasi konsumen), serta mengalokasikan sumber daya untuk mengelola pemasaran di kedua kanal itu. “Strategi digital marketing yang sedang berjalan adalah sosial media optimization, maintain official store di marketplace, dan penggunaan key opinion leader sebagai endorser,” kata Yuji.

Dia mencontohkan akun Sanyo di Instagram, @sanyoindonesia, dioptimalkan sebagai platform pemasaran yang terintegrasi dengan toko online. Akun ini mengunggah beragam topik, antara lain informasi produk pompa air Sanyo, kegiatan olahraga, atau kegiatan sosial. Per 8 Desember 2022 Sanyo Indonesia memiliki 45.700 follower.

Walau kanal digital dirancang atraktif, Sanyo tak melupakan toko fisik untuk membaurkan pemasaran dan penjualan melalui omnichannel. “Kami juga tetap menjaga outlet nondigital seperti toko-toko resmi yang menjadi dealer kami. Penjualan pompa air di toko fisik ini berkontribusi di atas 50%,” ungkap Yuji.

Kegigihan Sanyo menerapkan strategi pemasaran omnichannel ini kian mengerek citra merek Sanyo sebagai pompa air terfavorit konsumen. Ini terefleksikan pada hasil survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2022 di kategori Pompa Air Listrik.

Kecuali skor di aspek Satisfaction (kepuasan konsumen terhadap merek), skor pompa air Sanyo pada aspek Top of Mind Advertising (iklan yang paling diingat konsumen), Top of Mind Brand (merek yang paling diingat konsumen), Brand Share (merek yang paling sering digunakan konsumen tiga bulan terakhir), dan Gain Index (kemampuan merek mengakuisisi konsumen baru di masa mendatang) melampaui skor yang diraih empat kompetitornya. Pompa air Sanyo mencatatkan skor Brand Value sebesar 60,5, sedangkan kompetitornya di peringkat kedua sebesar 43,7. (*)

Anastasia Anggoro Suksmonowati & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved