Kolaborasi Jadi Kunci Terciptanya Ekosistem Bisnis

Era digital membuat konsumen hampir 24 jam terhubung dengan internet. Semakin murahnya harga smartphone dan biaya Internet, membuat perilaku konsumen masa kini berubah. Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia menyebutkan pengguna internet di Indoneisa mencapai 132,7 juta, naik 51,8% dibanding  tahun 2014. Tentu saja hal ini mengubah gaya hidup konsumen Indonesia, termasuk perubahan gaya konsumsi dan berbelanja. Kemajuan teknologi juga membuat konsumen memiliki kekuasaan yang lebih kuat dibanding perusahaan.

Selain itu, kemajuan teknologi bisa melahirkan perusahaan-perusahaan kecil yang bisa menghancurkan perusahaan besar. Sebagai contoh, sebuah kedai kopi asal California, Amerika Serikat bernama Blue Bottle. Perusahaan yang didirikan oleh James Freeman di tahun 2010 ini menawarkan konsep yang unik ke pelanggannya. Berawal dari kedai kopi kecil, kini Blue Bottle memiliki 30 kedai di Bay Area, New York, Los Angeles, dan Tokyo. Meskipun kecil, Blue Bottle diperkirakan bisa menjadi saingan terberat Starbucks.

step0001

Membuat sebuah produk tadinya hanya bisa dilakukan oleh produsen, kini dengan kemajuan teknologi konsumenpun bisa membuat sebuah produk. Sebagai contoh, Wikispeed. Wikispeed adalah mobil yang diciptakan dari hasil co-funding dan co-design. Hasilnya, mobil ini dijual dengan harga US$25 ribu

Tak bisa dipungkiri di era digital ini, konsumen menjadi lebih 'pintar' dan demanding. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan? Agus W. Soehadi, Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya memberikan beberapa tips. Perusahaan selalu beranggapan bahwa sumber daya itu langka (scarce source), sehingga perlu mereka kuasai. Namun, ke depannya sumber daya akan berlebih (abundance resource), sehingga perusahaan perlu bekerja sama dengan pihak lain. “Kolaborasi menjadi salah satu kunci agar perusahaan bisa bertahan ke depannya. Kolaborasi juga menciptakan ekosistem bisnis yang lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya, buat platform yang menarik dengan akses mudah dan transparan agar tercipta interaksi. Banyak ide menarik yang muncul dalam sebuah platform yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan. Contohnya Nike menerapkan ide yang disampaiakan oleh konsumen ke dalam produknya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)