Ini Empat Jagoan Mobil Besutan Honda

PT Honda Prospect Motor berhasil menjual 168.937 unit mobil sepanjang 2016, naik 28% dari 2015 yang hanya 159.253 unit. Kontribusi terbesar disumbang oleh Honda Brio, Honda BR-V, Honda Mobilio, dan Honda HR-V. Keempatnya masing-masing mampu terjual 30 ribuan unit atau sekitar 18-20% dari total penjualan Honda.

Direktur Marketing & After Sales Service PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, pasar otomotif nasional hingga saat ini tumbuh 3% dari tahun lalu. Di tengah industri yang bertumbuh ini, Honda meraih pertumbuhan penjualan hingga 28%.

"Pada Oktober saja terjual 17.088 unit, sehingga Honda meraih total penjualan 168.937 unit pada 2016 dengan market share 19,3% atau naik dari tahun lalu yang sebesar 16%. Kontributor terbesar adalah Honda Brio, Honda BR-V, Honda Mobilio, dan Honda HR-V," kata dia.

Honda BR-V masih memimpin penjualan di segmen LSUV sejak pertama diluncurkan hingga Oktober 2016, dengan perolehan penjualan total pada 2016 sebesar 33.414 unit dan market share 33%. Honda Mobilio juga membukukan penjualan total pada 2016 sebesar 33.354 unit dengan market share 16%. Honda Brio Satya pada Januari-Oktober 2016 sudah terjual 29.240 unit dengan market share 16%, sedangkan Honda Brio RS yang berada di segmen city car juga berhasil menjadi market leader dengan penjualan 8.361 unit pada Januari-Oktober 2016 dan market share sebesar 43%.

Dari segmen LSUV, Honda HR-V 1.5L membukukan penjualan total sebesar 30.833 unit dengan market share 31% di sepanjang 2016. Varian lain dari Honda HR-V, yaitu HR-V 1.8L, berhasil membukukan penjualan
total 7.068 unit dengan market share 11% sepanjang Januari-Oktober 2016.

Jonfis Fandy mengatakan, Honda Prospect Motor mendapat tugas dari Honda Motor untuk menjaga pasar lokal. Karena itu, Honda Prospect tidak mengekspor mobil CBU (completely build up), seluruh mobil CBU dijual di dalam negeri. Karena itu pula, pabrik Honda di Indonesia dibangun dengan kapasitas 200 ribu unit. Sedangkan total dealer saat ini mencapai 167 unit yang tersebar di seluruh Tanah Air, termasuk dealer besar 133 unit.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan di pasar lokal tidaklah mudah mengingat 40 produk baru muncul setiap tahunnya. Di sisi lain, konsumen Indonesia saat ini lebih banyak mengakses informasi berbagai ulasan dan penilaian mobil dari internet. Karena itu, Honda berupaya memasukan fitur-fitur yang value for money, menjaga daya saing dari sisi running cost, fuel efficiency, dan service, yang jauh lebih unggul dari kompetitor.

"Kami gencar berpromosi.Dari sisi finansial, kami buat paket-paket after-sales services. Kami juga mulai masuk ke market di secondary cities dan tertiary cities. Harapannya, kami bisa mengikuti kenaikan market otomotif yang tumbuh 10% tahun ini," jelas dia. (Reportase: Jeihan Kahfi Barlian)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)