Ini Gurita Bisnis Emtek Group

Sejak melantai di Bursa Efek Indonesia pada 2010, bisnis PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group) makin menggurita. Wajar, kalau sahamnya terus diburu investor. Mereka tergiur dengan nilai dividen yang meroket. Kalau pada 2010 hanya Rp 51 miliar, setahun berikutnya nak menjadi di atas Rp 500 miliar. Tahun 2014, perusahaan yang didirikan Eddy Kusnadi Sariaatmadja ini membayarkan dividen Rp 1,97 triliun. “Ada banyak driver-nya. Kami melakukan ekspansi bisnis baik yang kami bangun sendiri maupun yang kami akuisisi,” kata Sutanto Hartono, Chief Operation Officer (COO) Emtek Group.

Berikut ini gurita bisnis Emtek Group: Pertama, divisi media yakni PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Indosiar Visual Mandiri (Indosiar), PT Screenplay Produksi (Screenplay Productions), PT Amanah Surga Produksi (Amanah Surga Productions), PT Omni Intivision (O Channel), PT Animasi Kartun Indonesia (Dreamtoon).

“Dari periode 2010 – 2015, corporate action terbesar kami adalah akuisisi IKM, perusahaan yang menaungi Indosiar. Kemudian kami lakukan merger, Indosiar disatukan ke dalam SCM (Surya Citra Media),” katanya.

 

Menurut dia, perseroan juga mendirikan PT Kreatif Media Karya (KMK) yang menaungi online digital Liputan6.com, Vidio.com, Bintang.com, Bola.com yang langsung ke konsumen. Selain itu, KMK juga berinvestasi di beberapa startup digital seperti Bukalapak.com, propertiguru.com, rumah.com. kudo.com, hijup.com dan bobobo.com. Ada juga kudo.com, lakupon dan karir.com.

“Kami masuk sebagai investor. Yang kami bangun sendiri ataupun milik orang lain, semua dimasukkan ke KMK Online,” katanya.

emtek sutanto Sutanto Hartono, Chief Operation Officer (COO) Emtek Group.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)