Investasi, Bikin Propan Raya Lebih Yakin di 2017

Tahun 2016 memang sangat menantang untuk pelaku bisnis. Demand atau penjualan stagnan sementara biaya tenaga kerja mengalami kenaikan. Tapi PT Propan Raya I.C.C menyikapinya dengan arif. Mereka justru melakukan investasi dan berharap pasar cat kembali rebound pada 2017 seiring mulai maraknya proyek-proyek infrastruktur, terlebih dibantu dana repatriasi dari tax amnesty.

"Tahun 2017 kami prediksi lebih bagus. Ini bagus untuk perekonomian. 2016, kinerja Propan Raya masih single digit untuk bottom line, hampir sama dengan 2015. Saya berharap pemerintah bisa menjaga kepercayaan investor dengan menjaga stablitas ekonomi domestik. Ada beberapa kali demo cukup besar di 2016 yang membuat penjualan di industri menurun karena terjadi kemacetan, pengiriman terlambat, dan ongkos-ongkos naik," kata Kris Rianto Adidarma, CEO PT Propan Raya.

Propan Raya Kris Rianto Adidarma, CEO PT Propan Raya I.C.C.

Hanya saja, harga bahan bangunan mulai bergerak naik. Harga bahan bakar minyak juga sudah mulai naik lagi. Kenaikan biaya operasional di tahun baru adalah tantangan terbesar untuk harga bahan dasar. Perseroan juga berharap menuai untung setelah melakukan sederet investasi di 2016 dan akan berlanjut di 2017. Kami meningkatkan kapasitas dengan pabrik cat tembok baru yang akan diresmikan tahun 2017. "Kapasitas produksi bisa dobel tahun ini. Untuk yang baru, 60 juta liter pertahun, yang sudah ada juga sebesar itu," kata dia.

Dia yakin kenaikan kapasitas produksi bisa mengatrol pangsa pasar Propan Raya. Saat ini, mereka ada di tempat teratas dengan pangsa pasar cat kayu di atas 50%. Untuk cat tembok, penguasaan pasar masih kecil. Pada tahun ini, perseroan tengah mendorong cat berbasis air untuk cat tembok dan cat kayu demi menjaga kelestarian lingkungan. "Selain lebih hemat, aplikasinya juga lebih mudah," katanya.

Untuk membuka pasar baru, lanjut dia, perseroan akan kembali fokus ke branding seperti yang sudah dilakukan selama 3-4 tahun terakhir dan juga mendorong perluasan bisnis dengan inovasi produk dan pemasaran. Salah satunya, dengan memberikan pilihan warna lebih banyak kepada konsumen. Propan Raya juga memiliki beragam produk untuk bermacam-macam solusi.

Dia menjelaskan, perseroan telah sudah mengeluarkan produk baru seng coat yakni cat untuk atap seng yang berbasis air. Perseroan juga yang pertama mengeluarkan mesin oplos untuk cat minyak untuk ritel Di Indonesia. Kelebihannya, warna tidak terbatas karena mempunyai data based 50 ribu warna. Ini memudahkan penjual karena hanya stok biang warnanya saja. Konsumen juga memiliki pilihan lebih banyak. "Mesin ini sudah ada ribuan di seluruh Indonesia," kata dia. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)