Kino Bikin Nyaman Pasar Dengan Sertifikat Halal

Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, jaminan produk berlabel kian menjadi tuntutan konsumen. Apalagi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyoroti pentingnya sertifikasi halal untuk produk makanan yang dijual meluas di masyarakat.

Apalagi, saat ini beragam makanan yang ditawarkan banyak yang manfaatkan Iptek dan aneka bahan tambahan pangan, sehingga dituntut mudah disajikan sekaligus tetap segar dengan warna, aroma, rasa, dan tekstur yang menggugah selera.

Sebagai salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Indonesia dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, maka PT. Kino Indonesia Tbk berkomitmen untuk menghasilkan produk halal baik di kategori beverage maupun personal care.

Harry Sanusi, CEO PT Kino Indonesia Tbk. (Foto : SWA). Harry Sanusi, CEO PT Kino Indonesia Tbk. (Foto : SWA).

Sertifikat SJH (Sistem Jaminan Halal) yang diraih PT. Kino Indonesia Tbk dibuktikan dengan hasil Audit LP POM MUI dan mendapatkan Status Sistem Jaminan Halal dengan nilai Excellence (Grade A).

Ada dua katagori nilai SJH, yaitu nilai A bila penerapan SJH di perusahaan sangat baik, sedangkan untuk nilai B! penerapan SJH di perusahaan cukup atau memenuhi syarat. Karena penilaian ini diberikan melalui proses audit sesuai level pemenuhan persyaratan sertifikasi halal (HAS 23.000).

Hasil ini telah didapatkan oleh Kino sebanyak 3 kali berturut – turut sejak tahun 2012, dimana Kino dinilai telah berhasil mengaplikasikan sistem jaminan halal HAS 23000 di semua lini. Mulai dari ide pengembangan produk halal, pencarian formula dan bahan baku, suplai bahan baku, fasilitas produksi, proses produksi, sampai dengan proses distribusi yang telah memenuhi ketentuan yang ditentukan LP POM MUI.

Menurut Harry Sanusi selaku CEO & Presiden Direktur PT. Kino Indonesia Tbk. produk-produk Kino yang telah mendapatkan sertifikasi halal adalah untuk semua produk beverage, obat tradisional, dan sebagian produk personal care antara lain Ellips, Resik V dan Sasha.

Harry menjamin seluruh bahan dan sistem produksi untuk semua produk tersebut memenuhi standar dan kualifikasi halal. Tim halal yang merupakan perwakilan dari LP POM MUI telah dipersiapkan untuk bertanggung jawab dalam pelaksanaan sistem jaminan halal serta dituntut mampu berkolaborasi, menghubungkan, mengakomodasikan dan mengintegrasikan konsep-konsep syariat Islam.

Khususnya terkait dengan halal haram, etika usaha dan manajemen secara keseluruhan, prosedur dan mekanisme perencanaan, implementasi dan evaluasinya pada suatu rangkaian produksi / olahan bahan yang akan dikonsumsi umat Islam.

Pengakuan ini, bagi PT. Kino Indonesia Tbk ingin memastikan bahwa produk-produknya tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh konsumen Indonesia dan semakin mempertegas keberadaan Kino Group terus teguh dalam berinovasi dan memberikan produk-produk unggulan agar selalu dicintai masyarakat Indonesia.

Sertifikasi halal yang didapat saat ini menambah daftar prestasi yang telah diraih Kino selama ini seperti ISO 9001 : 2008, Good Manufacturing Practice (GMP), The Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award (OCI Indonesia Award) 2016 dan serangkaian penghargaan bergengsi yang didapat oleh produk-produk Kino.

Penyerahan sertifikat SJH (Sistem Jaminan Halal) diserahkan oleh Dr. Lukmanul Hakim M.Si Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) MUI kepada Harry Sanusi CEO & Presiden Direktur PT. Kino Indonesia Tbk.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)