Konsistensi Jaga Kualitas, Posisi Ultra Milk Tak Tergoyahkan

Konsistensi menjaga kualitas produk telah dijalankan Ultra Milk lebih dari 40 tahun. Brand susu kemasan dengan merek dagang Ultrajaya atau yang lebih dikenal dengan Ultra Milk ini terkenal akan keunggulan dan kealamian produk dan teknologi processing UHT (Ultra High Temperature). Produk susu kemasan Ultra Milk telah dipercaya oleh seluruh keluarga Indonesia sebagai susu bernutrisi seimbang yang baik diminum sehari-hari. Munculnya kompetitor dengan hadirnya produk sejenis di pasar, menuntut Ultrajaya untuk senantiasa menjaga konsistensinya dan terus berinovasi. “Perusahaan berusaha selalu “mengerti” dan mencari tahu akan harapan dan kebutuhan konsumen sehingga Ultrajaya dapat terus berinovasi dan menjaga kualitas untuk memenuhi harapan konsumen,” ungkap Sanfrandy, Dairy Category Manager PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.

Beberapa terobosan, baik dalam hal inovasi maupun komunikasi, dilakukan Ultrajaya untuk dapat menjaga positioning produknya di pasar. Salah satunya dengan meluncurkan produk Ultra Mimi yang disesuaikan karena adanya kebutuhan konsumen akan produk susu cair selepas ASI (air susu ibu). Inovasi lainnya dalam hal informasi dengan merambah media digital (website & social media) untuk memberikan informasi dan tanya jawab bagi konsumen. Tak dipungkiri, era digital mau tidak mau harus dihadapi seluruh perusahaan, kemudahan konsumen mencari produk, membandingkan dengan lainnya, dan komplain mengenai produk sangat mudah dilakukan. Hal ini harus dihadapi Ultrajaya dengan tetap konsisten memberikan produk alami yang terbaik dan informasi aktual dan manfaat mengenai fakta produk.

Kesadaran akan pentingnya asupan susu sangat disadari oleh Ultrajaya. Maka dari itu, Ultrajaya juga kerap meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya ASI dan kebiasaan untuk mengkonsumsi susu sejak kecil melalui media dan activation mereka. Bagi Sanfrandy, Ultra Milk adalah pionir susu cair UHT yang sangat concern akan kualitas produknya dan berkat itulah kini posisinya sebagai market leader dalam pasar liquid milk dan susu UHT di tengah bombardir merek asing yang beredar di Indonesia. “Saat ini Ultra Milk merupakan market leader dengan share 45% di kategori UHT Milk. Dan berdasarkan riset Nielsen YTD Desember 2016, saat ini produk Ultra Milk sudah tersebar di seluruh area nasional dan mengalami pertumbuhan di atas 10%,” ungkapnya.

Menjawab kepuasan dan loyalitas konsumen, Ultrajaya selalu mengadakan Consumer Insight dan Brand Health Check yang dirasa sangat penting untuk memperoleh informasi tentang performance produk dan juga kebutuhan konsumen untuk saat ini dan kedepannya. Terbukti konsistensi Ultrajaya yang melakukan proses tersebut secara berkala mampu mempertahankan posisi market leader. “Selain itu, pengembangan special outlet menjadi opportunity brand untuk mendekatkan diri dengan target market. Kami  melakukan joint business dengan beberapa partner, seperti Jawa Pos Group untuk mengembangkan kafe (Movers Cafe) dan menyebarkan Milk Bar di potential places,” papar Safrandy. Kini Ultrajaya juga telah melakukan ekspor ke Asia Pasific, Australia, Afrika dan Amerika dengan nilai kontribusi baru sekitar 8% dari total penjualan. (Reportase: Sri Niken Handayani)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)