Noera by Reisha, Rajin Live Session, Tingkatkan Loyalitas Konsumen di Lokapasar | SWA.co.id

Noera by Reisha, Rajin Live Session, Tingkatkan Loyalitas Konsumen di Lokapasar

Bryan Pratama, pendiri Noera by Reisha.

Noera by Reisha pada 2022 mencatatkan pertumbuhan volume penjualan dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya (2021). Jumlah transaksi di tahun lalu mencapai 372 ribu kali transaksi. Adapun volume penjualan pada 2021 melonjak 10 kali lipat dibandingkan tahun 2020.

Bryan Pratama, pendiri Noera by Reisha.

Perusahaan yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, ini mengoptimalkan lokapasar (e-commerce) sebagai etalase digital yang memacu penjualan di masa pandemi Covid-19. Tak mengherankan, seluruh penjualannya dikontribusikan dari penjualan di kanal digital.

Bryan Pratama, pendiri Noera by Reisha, mengatakan bahwa perusahaannya ini memiliki toko daring (official store) di lokapasar, yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop. Noera by Reisha, produsen produk kecantikan dan perawatan kulit, memperkuat ikatan (engangement) antara produknya dan konsumen di kanal digital. Misalnya, dengan komunikasi interaktif pada live shopping yang mengulas produk-produknya.

Menurut Bryan, formula keberhasilan menjual produknya di e-commerce ialah secara konsisten menyajikan konten yang edukatif dan kreatif yang sangat diminati netizen dan menghindari klaim berlebihan (over claim) dalam memasarkan suatu produk. “Selain itu, kami juga rutin melakukan live session di TikTok setiap hari agar dapat berinteraksi dengan followers-nya,” ujarnya.

Ada tim khusus yang mengelola toko daring di e-commerce itu. Mereka itu, antara lain, tenaga profesional yang piawai mengelola administrasi serta pekerja kreatif yang memproduksi konten (content creator).

Loyalitas konsumen dijaga apik lantaran tim perusahaan ini rajin berinteraksi di fitur chat. Konsumen yang pernah membeli produk dirawat komunikasinya dengan menanyakan berbagai hal terkait penggunaan produk dan efeknya kepada konsumen.

Guna meningkatkan citra jenama (branding awareness), Bryan bersama manajemen perusahaan mengaktivasi kampanye promosi dan pemasaran di lokapasar. “Kami menggunakan strategi meningkatkan awareness terlebih dahulu. Setelah itu, kami mengupayakan agar produk kami menjadi top of mind di sektornya,” katanya.

Untuk brand activity, pihaknya pernah membagikan-bagikan produk sun screen di hari bebas kendaraan bermotor (car free day) Jakarta. Noera by Reisha berkolaborasi dengan beberapa perusahaan media massa dalam rangka memperingati Hari Kanker Internasional.

Agar produknya memikat konsumen, Bryan dkk. menetapkan harga yang kompetitif agar bisa bersaing dengan produk sejenis yang beredar di pasar. “Kami melakukan pendekatan harga pasar, yaitu menganalisis produk yang sejenis dan harga yang beredar di pasar, dan kemudian menentukan harga yang kompetitif di pasaran sesuai dengan kualitas,” Bryan menjabarkan.

Keberhasilan ini memantik para mitra bisnis untuk menjual produk kecantikan dan perawatan tubuh Noera by Reisha. “Kami sudah memiliki banyak distributor dan reseller yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bahkan di luar negeri,” ungkapnya.

Perusahaan ini menatap cerah penjualan produk kecantikan dan perawatan kulit di lokapasar pada masa mendatang. Ke depan, Bryan dan manajemen berencana mengepakkan sayap bisnisnya ke luar negeri dan menggarap peluang bisnis lainnya dengan membuka toko konvensional (offline store).***

Anastasia Anggoro Suksmonowati & Vicky Rachman

www.swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)