Rahasia Sukses Kapal Api Menembus Pasar Global

Kapal Api adalah merek kopi yang hingga saat ini masih menjadi Top of Mind peminum kopi di Indonesia. Merek yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak 1927 itu meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award ke-14 kalinya pada tahun 2015.

“Di tengah ketatnya persaingan dengan semakin banyak merk baru hadir dan masuknya produk kopi luar, Kapal Api masih tetap dipercaya menjadi merk terbaik pilihan konsumen Indonesia,” kata Paulus Nugroho, Managing Director PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api).

Bicara soal kopi, RI punya beragam jenis kopi dengan kualitas terbaik. Ada Kopi Kalosi Toraja, Mandailing, Gayo, dan Timor. Indonesia juga punya kopi yang sangat eksotis, yakni Kopi Luwak, yang tidak dimiliki oleh negara manapun.

“Kami punya kebun kopi Kalosi Toraja di Tana Toraja, yang juga dihuni banyak binatang luwak. Inilah salah satu competitive advantage dari group kami yang tidak dimiliki perusahaan manapun di dunia,” katanya.

Paulus Nugroho1

Berbekal pengalaman 99 tahun di pasar kopi, Kapal Api akan masuk ke segmen kopi premium dengan mengangkat kopi khas daerah. Karakteristik konsumen di Indonesia dan negara lain adalah loyalitasnya pada kualitas rasa dan aroma kopi yang telah turun-temurun dinikmati bersama keluarga.

Konsisten dalam rasa, aroma serta inovasi produk menjadi semakin praktis adalah salah satu syarat memenangkan hati konsumen. Inilah kunci sukses Kapal Api yang sudah bertahun-tahun menjadi pemimpin pasar roast & ground coffee (kopi tubruk) di Malaysia dan sudah eksis di lebih dari 20 negara.

“Meningkatnya teknologi informasi membawa masuk budaya luar negeri, salah satunya budaya ngopi di kafe, semakin banyak ragam pilihan varian kopi untuk konsumen. Kami harus mengikuti tren dengan senantiasa melakukan inovasi produk,” ujarnya.

Tahun 2014, Kapal Api meluncurkan kopi Kapal Api Special Mix Less Sugar, Excelso Luwak Drip Coffee, Kapal Api Premium Coffe (in Alu Can with 3 variants: Morning Blend, Luwak Blend and Blue Mountain). Baru-baru ini, perseroan juga me-launching Kapal Api Grande White dengan Choco Topping.

Dengan semakin banyaknya pemain lokal, baik yang bermerek maupun tidak, kata Paulus, strategi yang paling tepat adalah strategi pemasaran yang komprehensif. Sehingga, konsumen mendapat value dari setiap produk yang ditawarkan melalui berbagai macam aktivitas pemasaran hingga pemerataan distribusi.

“Kami juga menciptakan suatu positioning yang mudah diingat dan relevan dengan kehidupan sehari hari peminum kopi, yaitu secangkir semangat untuk Indonesia. Kampanye itu berjalan baik sehingga menjadi WOMM dan berdampak luar biasa terhadap merek Kapal Api,” kata dia. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)