Terobosan Quantum di Pasar Home Appliances

Mendengar kata Quantum, perhatian masyarakat akan tertuju pada merek kompor dan regulator gas. Merek lokal besutan PT Aditec Cakrawiyasa itu memang melambung bersamaan dengan program pemerintah konversi minyak tanah ke gas elpiji pada 2007 silam.

Penguasaan pasar kompor gas Quantum secara nasional mencapai 30%. Regulator gas Quantum masih menjadi pemimpin pasar dengan market share mencapai 58% meski harga jualnya sedikit lebih mahal dari para pesaing.

“Ini karena konsumen ingin regulator yang menjamin keamanan dengan kualitas produknya,” kata Yoyon Suryono, Direktur Sales & Marketing Quantum Home Appliances.

Yoyon Suryono, Direktur Sales & Marketing Quantum Home Appliances. Yoyon Suryono, Direktur Sales & Marketing Quantum Home Appliances.

Saat ini, Quantum memiliki 20 varian model kompor dengan harga mulai Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap tahun, perseroan melakukan peremajaan produk yang beberapa modelnya telah mengalami kejenuhan. Ini untuk menjawab kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Dia mengakui perlambatan ekonomi berdampak buruk terhadap penjualan sepanjang tahun 2015 lalu yang hanya tumbuh sekitar 7%. Tahun ini, ekonomi mulai stabil yang terlihat dari pertumbuhan angka penjualan yang diperkirakan mencapai 10%.

“Pada tahun 2017, kami targetkan penjualan tumbuh 20%. Kami akan terus mengembangkan distribusi di daerah. Kami berusaha menambah jumlah distributor untuk penetrasi produk,” ujarnya.

Saat ini, Quantum sudah didukung jaringan 104 distributor yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, kecuali di Papua. Kanal distribusinya melalui Direct Selling yakni door to door ke konsumen, pasar tradisional lewat distributor yang kemudian dijual ke grosir atau ritel, dan pasar modern seperti Hypermart dan Carrefour. Ada juga penjualan online lewat beberapa e-commerce dan website quantummilenium.com.

Untuk mendukung target penjualan, Yoyon menambahkan, perseroan juga akan menggenjot penjualan produk plastik seperti blender, rice cooker, kipas angin, dan setrika listrik. Market share untuk kategori plastik kami masih di bawah 15%.

“Untuk produk, kami terus berinovasi sesuai dengan selera pasar. Konsumen sekarang lebih cerdas dengan mencari produk yang murah tetapi berkualitas bagus. Selain itu, layanan purna jual kami utamakan,” katanya.

Contohnya, desain dan fitur untuk produk kompor gas yang selalu berubah. Quantum terus menghadirkan inovasi yang memberi nilai tambah kepada para penggunanya. Seperti, timer yang berfungsi untuk mengingatkan pengguna yang telah mengatur waktu lamanya memasak.

Ada juga terobosan pemantik listrik yang tidak seperti pemantik magnetik, yang mengandalkan gesekan magnet dan mengeluarkan bunyi. Inovasi lain seperti teknologi MIT yang sudah dipatenkan yaitu teknologi yang menyempurnakan pembakaran gas sehingga tidak ada gas yang terbuang.

“Efisiensi pembakaran gas yang dicapai dengan teknologi MIT ini bisa mencapai 68%,” kata Yoyon. (Reportase: Jeihan Kahfi Barlian)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)