Trenggalek Gemilang, Gali 30 Produk Unggulan

Nama Kabupaten Trenggalek mendadak terkenal dengan terpilihnya suami aktris Arumi Bachsin, Emil Dardak, sebagai Bupati. Salah satu program dua sejoli ini adalah Trenggalek Gemilang yakni menggali 30 produk unggulan daerah dan kemudian melakukan sertifikasi.

Gemilang adalah singkatan dari Gerakan Mutu Industri Cemerlang. Mereka menggandeng rombongan besar yang tengah datang berkunjung ke Trenggalek, tanah leluhur ayahnya, Hermanto Dardak. Mereka akan disuguhi bazar UKM yang menawarkan beragam produk kebanggaan daerah.

“Produk yang memenuhi standar kualitas diberi stiker. Itu adalah produk yang direkomendasi beli karena kualitasnya sudah teruji,” kata Emil yang meraih gelar doktor di usia 22 tahun.

Salah satunya, telur asap yang terbuat dari telur bebek. Sekilas mirip dengan telur asin, tapi rasa dan kualitasnya jauh lebih enak. Kemudian ada produk susu dan yoghurt yang saat ini tengah dalam proses mendapatkan sertifikasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Syaratnya, mereka harus punya ruang atau rumah produksi.

“Produk olahan kami yang lain ada kopi, susu bubuk dari peternakan kambing etawa. Ada juga produk olahan perikanan seperti nugget dan fillet ikan,” kata pria kelahiran 20 Mei 1984 ini.

Emil Dardak Bupati Trenggalek, Emil Dardak

Ada juga industri rumah tangga yang memproduksi Cincau Janggelan. Pelanggan mereka adalah restoran China kelas atas untuk makanan penutup. Pemerintah daerah, lanjut Emil, membantu perizinan industri rumah tangga (PIRT) agar produk bisa merambah pasar yang lebih luas. Hal serupa dilakukan untuk membantu pengusaha produk susu, seperti yoghurt, keju, dan mentega.

“Istri saya sedang membangun komunitas lokal Do It Yourself (DIYS) yang fokusnya mengembangkan produk kecantikan yang menggunakan bahan lokal seperti kopi dan coklat. Ada juga cocoa butter dari kakao Trenggalek, juga coconut butter yang dari lemak kelapa,” katanya.

Produk kecantikan itu bisa mendukung industri pariwisata di Trenggalek misalnya untuk spa dan perawatan kecantikan. Ada juga akar wangi, cengkeh, dan pala yang semuanya bisa disuling untuk menghasilkan essensial oil atau minyak atsiri yang merupakan produk aromatherapi. Hanya saja, dibutuhkan pengelolaan yang berkualitas.

Potensi pariwisata muncul dari Pantai Prigi di Kecamatan Watulimo. Pantai berpasir putih yang cocok untuk snorkeling karena berhiaskan terumbu karang cantik ini menarik minat sekitar 800 ribu wisatawan lokal. Pantai ini juga memiliki pemandangan pegunungan yang indah.

“Lelah naik sedikit ke gunung akan hilang setelah bertemu gua yang paling panjang di Asia Tenggara. Prigi juga punya pelabuhan ikan nusantara yang menyuplai seafood,” kata dia.

Saat ini, Pemkab Trenggalek tengah membenahi infrastruktur pantai dan pelabuhan termasuk meningkatkan kesadaran wisata masyarakat sekitarnya. Para pemuda setempat diberi pelatihan sekaligus sertifikasi untuk menjadi pemandu ekowisata. Di saat yang sama, pelaku usaha kuliner juga dibimbing untuk menjaga kebersihan produk dan tempat usahanya.

“Industri rumahan juga dibina untuk menghasilkan produk yang bisa menjadi oleh-oleh khas Trenggalek. Wisatawan tentu membutuhkan oleh-oleh, misalnya makanan yang bisa dibawa pulang ke rumahnya,” katanya. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)