Penghargaan IICG & SWA untuk 32 Perusahaan dengan Penerapan GCG Terbaik 2021

Chairman IICG

The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) kembali bekerja sama dengan Majalah SWA menyelenggarakan survei tahunan Corporate Governance Perception Index (CGPI). Tahun ini CGPI 2021 menganugerahkan kepada 32 perusahaan terpilih dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG) terbaik.

CGPI 2021 mengangkat tema 'Membangun Ketahanan Perusahaan dalam Kerangka GCG'. Ketahanan perusahaan akan dicerminkan dari organisasi yang tangguh, adaptif, lincah, kuat dan kompetitif, organisasi yang sehat mampu mengantisipasi krisis, serta menciptakan dan melindungi nilai perusahaan.

Gendut Suprayitno, Chairman IICG dalam sambutan acara awarding Indonesia Good Corporate Governance Award 2021 memaparkan ketahanan bisnis yakni kemampuan bisnis untuk bertahan, beradaptasi dan berkembang dalam menghadapi guncangan yang bersifat internal dan eksternal serta diketahui dan tidak terduga (McKinsey, 2020).

Kemal Effendi Gani, Chief Editor SWA Group juga menjelaskan bahwa tema ini sangat relevan dan selalu penting terutama dalam situasi dua tahun terakhir di era pandemi Covid-19. Dia memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang terus membangun ketahanan perusahaan. “Bahkan ada perusahaan yang juga bisa menangkap peluang-peluang baru,” ungkapnya.

Menurutnya, GCG sudah menjadi pegangan bagi perusahan karena akan dilihat oleh para investor, mitra hingga konsumen. “Ini akan menjadi fondasi yang kokoh untuk terus tumbuh sehingga bisa bertahan menghadapi tantangan,” tuturnya.

Adapun pembobotan aspek penilaian di antaranya 35%,41% struktur tata kelola, 36,17% proses tata kelola dan 28,42% hasil tata kelola. Pembobotan dilakukan panel ahli kemudian hasil penilaian diolah dan diuji tingkat konsistensinya dengan menggunakan metode AHP. Pengujian konsistensi menggunakan tingkat kosistensi yang tinggi yakni di atas 90% (inkonsistensi < 0,1). Hasil pemeringkatan & kategori CGPI 2020 berupa skor dan indeks yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori tingkat kepercayaan, yaitu kategori Sangat Terpercaya (skor 85-100), Terpercaya (skor 70-84) dan Cukup Terpercaya (skor 55-69).

Hasilnya, sebanyak 13 perusahaan peserta dengan kategori Sangat Terpercaya diantaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri Taspen, PT Bukit Asam Tbk, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Pegadaian, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Bank Syariah Indonesia Tbk,

Selanjutnya, di kategori Terpercaya ada 19 perusahaan yakni PT Asuransi BRI Life, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, PT Axa Mandiri Financial Services, PT BRI Asuransi Indonesia, PT BRI Multifinance Indonesia, PT Mandiri Axa General Insurance, PT Mandiri Sekuritas, PT Mandiri Tunas Finance, PT Taspen (Persero), PT Kereta Api (Persero), PT Len Industri (Persero), PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Kujang, PT Timah, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Bank Jabar Banten Syriah, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dan PT Bakrie Pipe Industries.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)