Hendak IPO, GOS Catering Benahi Aspek Keuangan Hingga SDM

Direksi GOS Catering pada jumpa pers virtual di Zoom. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA).

PT Global Oceania Sejahtera (GOS Catering) mengimplementasikan program pembenahan di aspek keuangan, tata kelola perusahaan yang baik (GCG), operasional dan manajemen SDM untuk menyongsong rencana melakukan pencatatan saham perdana (IPO). “GCG memastikan perusahaan kami untuk maju dan berkembang berstandar global, ini sudah dilakukan perbaikan pada aspek keuangan, operasional, SDM,” ujar  Agus Winarko, pendidi dan Dirut GOS Catering pada jumpa media virtual di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Di aspek pengembangan SDM, Agus menjelaskan GOS Catering menerapkan standar perekrutan pegawai, melakukan sertifikasi, mengadakan program magang kerja, management trainee, dan bermitra dengan konsultan untuk melatih pegawai mahir berbahasa Inggris, menjaga mutu dan keamanan makanan  dan penanangan makanan. “Bagi kami, modal utama perusahaan adalah pegawai, investasi aset di SDM agar kualitas di aspek lainnya meningkat,” ucapnya.

GOS Catering tergabung dalam GOS Group, sebuah perusahaan lokal Indonesia yang bergerak di bidang industrial catering. Perusahaan ini mampu menunjukkan eksistensi bahkan pertumbuhan pendapatan sekitar dua kali lipat dibandingkan tahun 2020.

“Target revenue di tahun 2021 diharapkan tumbuh 3 hingga 4 kali lipat dari tahun 2020,” ujarnya. Kontribusi penjualan di periode Januari-Februari 2021 ini berasal dari penjualan perusahaan nasional dan multinasional, antara lain Chevron, Elnusa, Sapura Energy, Seascape dan ANJ Plantation.  GOS Catering yang berdiri di 2014 itu Awalnya menjadi food distributor yang menangani klien-klien di sektor minyak dan gas di Kalimantan Timur. Dalam perjalanan, perusahaan ini merambah ke bisnis industrial catering pada 2017.

Perseroan menata dan membenahi berbagai aspek tersebut untuk menjadi perusahaan penyedia makanan catering regional sekaligus menyongsong IPO pada 2022.  Rencana IPO ini  diharapkan agar perusahaan memiliki akuntabilitas bisnis baik kepada investor lokal maupun internasional. “Pengalaman membuktikan perusahaan privat yang dimiliki perorangan, tidak banyak yang bertahan hingga beberapa generasi. Dengan menjadikannya perusahaan publik, ada kepastian mengenai sustainability dari bisnis yang dikembangkan ini,” ungkapnya. Manajemen GOS Catering sedang memantapkan pembenahan dan konsolidasi internal untuk mempersiapkan IPO ini sehingga belum merincikan target nilai emisi dan perusahaan sekuritas yang ditunjuk menangani aksi korporasi perseroan.

Agus optimistis GOS Catering yang sejatinya adalah local food services company ini akan tumbuh lebih cepat menjadi regional Ia memproyeksikan kapasitas yang sudah terisi oleh para pemain di bisnis ini baru sekira 50%. Sisanya belum terisi sehingga ini akan menjadi peluang yang sangat besar untuk GOS Catering. Saat ini GOS Catering, selain menangani sejumlah klien baik perusahaan lokal maupun asing yang bergerak di sektor minyak dan gas, mereka juga mulai merambah ke sektor perkebunan dan sejumlah sektor lain. Para klien tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

Perusahaan ini pun akan mengembangkan sejumlah industri hulu dalam bentuk unit bisnis yang mendukung bisnis katering mereka. Bernaung dibawah GOS Group, Agus menjabarkan industri hulu yang berkaitan dengan catering yang akan dikembangkan antara lain GOS Farm, GOS Nutrient, GOS Packs dan GOS Xperience.

“Kami ingin menjadi integrated food services company,” ungkap pendiri GOS Catering ini. Peluang pasar GOS Catering di sektor jasa penyedia makanan (food services), khususnya catering masih sangat terbuka dan nyaris tidak terdampak signifikan oleh pandemi yang melanda dunia. Ini terbukti dari penjualan mereka selama 2020 yang meningkat pesat. Menyaksikan perkembangan perusahaan yang pesat dan mampu eksis dimasa pandemi ini, Komisaris GOS Catering, Muhammad Nur Hayid, mengatakan ini sebagai sebuah berkat dari Tuhan yang wajib disyukuri dan perkembangan ini agar terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)