Komitmen Danone Membangun Bisnis Berkelanjutan

Danone Indonesia didirikan pada tahun 1973 sebagai perusahaan AMDK pertama di Indonesia. Kini Danone telah mengoperasikan 26 pabrik yang melibatkan lebih dari 15 ribu karyawan dan memasarkan lebih dari 1.5 juta outlet dan memberikan dampak sekitar 2 juta masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui makanan dan minuman kepada orang-orang sebanyak mungkin, Danone menjalankan visi One Planet One Health. Oleh karena itu, Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia mengatakan, strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan selalu mengacu pada SDGs. Perusahaan menerjemahkan SDGs ke dalam company goal, sehingga lebih mudah untuk implementasikan dan dibangun oleh seluruh karyawan yang dinamakan 'Danone Company Goal 2030'.

“Hal itu untuk memandu kami. Kami telah mendefinisikan agenda bisnis dan keberlanjutan, selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB,” jelasny  dalam webinar SWA bertajuk Becoming Industry Champion by Implementing Green & Sustainable Business,(12/05/2022).

Dari sisi One Planet, perusahaan fokus kepada 4 pilar yaitu, climate, water, circular packaging dan agriculture. Pertama climate, perusahaan berupaya melawan perubahan iklim dengan menjadi perusahaan netral karbon pada rantai nilai penuh pada tahun 2050. Inisiatif yang dilakukan berkomitmen mengurangi CO2 dengan cara pengurangan pemakaian energi, kemudan melakukan pengembangan alternative energy. Ke depan visinya, menjadi perusahaan netral karbon di seluruh rantai pasok pada 2050. Di tahun 2030 akan menggunakan 100% energi listik terbarukan.

Kedua water, perusahaan terus berupaya melestarikan, mengoptimalkan, dan berbagi dengan mengintegrasikan pengelolaan sumber daya air. Selain itu mengoptimalkan setiap air tetes yang diterima dari alamdan meningkatkan akses ke air bersih kemasyarakat. “Targetnya kami mengembalikan lebih banyak air dibandingkan dari yang kami ambil untuk produksi, program ini dilakukan secara komprehensif. Yang harus dilakukan di internal harus menggunakan air dengan bertanggung jawab,” tuturnya.

Ketiga circular packaging, perusahaan ingin memulihkan lebih banyak plastik daripada yang digunakan tahun 2025 dengan mempimpin kampanye nasional tentang topik daur ulang. Saat ini, 95% kemasan Aqua bisa didaurulang.

Keempat agriculture, perusahaan juga ingin terus mendorong praktik pertanian regeneratif yang melindungi tanah serta mempromosikan kesejahteraan hewan dan memberdayakan generasi baru petani. Saat ini perusahaan mengembangkan program regenerative agriculture untuk tingkatkan kesejahteraan petani sekaligus menjaga bumi. Adapun programnya meneliti, melatih dan mendampingi petani. Tak sampai di situ, perusahaan juga memfasilitasi praktik regenerative agriculture.

Dari sisi one health, perusahaan telah banyak melakukan langkah kongkrit untuk meningkatkan gizi anak dan mengedukasi para ibu di Indonesia tentang gizi. Salah satunya, untuk memberantas Anemia di kalangan remaja dengan program GESID (Generasi Sehat Indonesia). Caranya dengan merekut guru sebagai pendamping kegiatan kemudian memilih siswa sebagai duta. Setelah itu melakukan peer to peer education pada teman sebaya kemudian memanfaatkan media sosial untuk konten gizi, kesehatan dan pembangunan karakter.

Lebih lanjut Karyanto menyampaikan demi keberlangsungan bisnis, karyawan merupakan prioritas Danone Indonesia. Danone memiliki program One Person, One Voice, dan One Share untuk karyawan. Tujuannya agar karyawan bisa mengutarakan pendapat mereka mengenari arah masa depan bisnis perusahaan. Dia berharap dengan visi One Planet One Health, kesehatan manusia dan kesehatan planet saling berkaitan satu sama lain.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)