Implementasi GCG Grup Bank Mandiri Hasilkan Kinerja Jempolan

 

Direktur Risk Management & Compliance Bank Mandiri, Ahmad Siddik Badruddin.

Grup Bank Mandiri berusaha untuk mengimplementasikan good corporate governance (GCG) dengan baik. Tak hanya Bank Mandiri saja, tapi semua anak perusahaan didorong untuk meningkatkan pelaksanaan GCG seiring dengan perkembangan bisnis yang berubah secara cepat.

Hal ini sejalan dengan peraturan OJK No. 18/POJK.03/2014 tentang Penerapan Tata Kelola Terintegrasi bagi Konglomerasi Keuangan di Indonesia. Pertauran tersebut mengharuskan perusahaan keuangan yang memiliki anak usaha untuk menjalankan GCG secara terintegrasi. Di tahun 2017, sembilan perusahaan yang tergabung dalam Grup Mandiri mengikuti GCG assasment oleh lembaga independen, yaitu The Indonesia Institute fo Corporate Governance (IICG) yang bekerja sama dengan majalah SWA. Mereka di antaranya adalah Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap), PT AXA Mandiri Financial Services, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Mandiri Sekuritas, PT Mandiri Manajemen Investasi, PT Mandiri Tunas Finance, dan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia.

Sesuai dengan tema “Manajemen Perubahan dalam Kerangka Good Corporate Governance,” perubahan menjadi indikator perusahaan dalam menjalankan manajemen yang berlandaskan pada prinsip GCG. Bagi Bank Mandiri, perubahan bukanlah hal baru. Bank yang merupakan hasil merger empat bank pelat merah ini berhasil bangkit dari hantaman krisis moneter 1998. Perubahan yang dlakukan berlanjut hingga sekarang. Upaya ini membuktikan respons atas dinamika bisnis yang dilewatinya.

Direktur Risk Management & Compliance Bank Mandiri, Ahmad Siddik Badruddin, menjelaskan, transformasi bisnis dilakukan Bank Mandiri sejak 2005 melalui beberapa tahapan. “Tahap 1 yaitu menjadi the dominant multispecialist di tahun 2005 hingga 2009. Kedua, menjadi Indonesia’s most admirer and progressive financial institution. Lalu, tahun 2015-2018 yaitu menjalankan corporate plan untuk menjadi Indonesia’s best ASEAN’s prominet in 2020,” jelasnya.

CEO Bank Mandiri, Kartika Wiroatmodjo.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)