Inspirasi Nutrifood untuk Lingkungan dan Kehidupan

Sumber foto: nutrifood.co.id

Untuk menjadi sustainable company, kegiatan bisnis yang dijalankan Nutrifood selalu memberi dampak bagi keberlanjutan kehidupan sosial dan lingkungan. Perjalanannya ini disertai empat sasaran yang sejalan dengan kelestarian lingkungan.

Keempat sasaran tersebut adalah pertama, Nutrifood berusaha mengurangi dampak negatif pada lingkungan yang timbul akibat kegiatan bisnisnya. Menurut Sustainability Development Manager Nutrifood, Fendy Susanto, apapun bisnis yang dilakukan perusahaan pasti akan memiliki dampak, maka semaksimal mungkin Nutrifood meminimalisir hal tersebut.

Kedua, efisiensi sumber daya yang termasuk di dalamnya energi, air, bahan baku, dan kemasan yang berpotensi menjadi limbah atau sampah. Ketiga, perilaku karyawan yang ramah lingkungan. “Kami juga berusaha mendidik karyawan supaya memiliki perilaku peduli dan seimbang dengan lingkungan sekitarnya,” ujar Fendy. Keempat, menginspirasi masyarakat sekitarnya untuk senantiasa peduli lingkungan.

Selain itu, efisiensi sumber daya dan pengelolaan sumber cemaran dari proses bisnis diwujudkan melalui progam 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) yang berkelanjutan. Proses bisnis ini baik dari kegiatan produksi di pabrik maupun aktivitas kantor. Green Initiatives pada lini supply chain yaitu pembuatan green supplier kriteria versi Nutrifood dan sosialisasi kepada supplier partner Nutrifood. Green Initiatives Nutrifood mencakup izin lingkungan, pengelolaan limbah yang ramah lingkungan dan penggunaan bahan baku dari sumber bertanggung jawab. “Intinya kami ingin mengedukasi supplier supaya mereka lebih ramah lingkungan dengan cara yang lebih visible, setidaknya mereka memiliki AMDAL,”

Selain itu, Nutrifood menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan pada produksinya dan melaksanakan kegiatan konservasi lingkungan melalui perlindungan sumber daya alam. “Edukasi karyawan juga dilakukan sebagai upaya memberikan pengetahuan mengenai gaya hidup ramah lingkungan. Menurut saya ini yang paling vital, karena bagaimanapun karyawan adalah salah satu stakeholder yang penting,” ungkapnya.

Pada 3 area pabrik Nutrifood (Ciawi, Cibitung, Sentul), dua di antaranya telah tersertifikasi ISO 14001 standar terbaru 2015 (audit terakhir Desember 2017) dan satu pabrik telah tersertifikasi PROPER BIRU sejak tahun 2012 (updated by July 2016). Sedangkan dua pabrik lainnya sudah memenuhi standar PROPER. Program 4R hingga tahun 2017 berhasil menurunkan pemakaian listrik sebesar 2,7 juta Kwh, menurunkan pemakaian air sebesar 37 ribu m3 melalui insisiatif pemanfaatan air hujan, dan pengurangan konsumsi air. Kemudian, penurunan konsumsi gas sebesar 50 ribu m3, mulai dari pemanfaatan kembali gas buangan, condensate boiler, sampai penggantian boiler menjadi tangki air panas saat hari libur.

Penurunan penggunaan plastik sebesar 526 Kg dan penurunan penggunaan bahan kimia sebesar 4,9 m3 juga menjadi keberhasilan program 4P Nutrifood. Untuk recycle area pabrik, pada tahun 2017 berhasil melakukan penurunan 100% limbah produksi yang dibuang ke TPST, dengan cara daur ulang limbah produksi. “Efisiensi juga dilakukan dari sisi operasional bisnis mulain dari area kantor, seperti penggantian lampu, AC konvensional, fax konvensional, penggunaan kertas, kabel telepon, sistem makan siang, dan sebagainya,” ujarnya.

Dalam menjalankan program Green Company, Nutrifood memiliki Green Commitee yang memastikan semua praktik bisnis di Nutrifood meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Green Commitee langsung bertanggung jawab kepada CEO. Segala upaya ini dilakukan untuk menjadikan Nutrifood sustainable company pada aspek lingkungan sosial dan ekonomi. “Walaupun kita profitable company tapi tidak bisa hanya memikirkan profit saja, tapi harus juga concern terhadap lingkungan. Sesuai dengan visi Nutrifood yaitu Inspiring a Nutritious Life. Selain menjual produk kesehatan, juga sadar bahwa perlu juga memberikan edukasi tentang kesehatan,” ungkap Fendy.

Reportase: Yosa Maulana

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)