CIMB Niaga, Menggelar Beragam Pelatihan Berbasis Lima Pilar | SWA.co.id

CIMB Niaga, Menggelar Beragam Pelatihan Berbasis Lima Pilar

Eric Gunawan Kosasih, Head of HR Strategy, Culture & Risk Control CIMB Niaga
Eric Gunawan Kosasih, Head of HR Strategy, Culture & Risk Control CIMB Niaga

Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis. Maka, PT Bank CIMB Niaga Tbk. mengembangkan karyawan melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan rutin yang terstruktur untuk memperluas wawasan dan keterampilan karyawan. CIMB Niaga menerapkan budaya EPICC: Enabling Talent, Passion, Integrity dan Accountability, Collaboration, serta Customer Centricity, yang dijadikan landasan oleh seluruh karyawan perseroan.

CIMB Niaga pun memetik hasil yang menggembirakan dari program pengembangan SDM-nya. Contohnya, karyawan menjadi tim inti yang memuluskan ekspansi bisnis CIMB Group di Filipina. Sejumlah pegawai CIMB Niaga pernah mengikuti program The Complete Banker (TCB) di Indonesia dan mampu menunjukkan daya saing yang tinggi serta berkontribusi terhadap ekspansi bisnis induk perusahaan.

Eric Gunawan Kosasih, Head of HR Strategy, Culture & Risk Control CIMB Niaga, mengatakan, strategi dan kebijakan pengembangan SDM di CIMB Niaga tersebut terdiri dari lima pilar. Yaitu, Strategic Talent Acquisition and be a Talent Magnet, Cultivate Talent & Leadership Brand, Future Proof Organization, High Performing Organization Linkage to Performance and Contribution-Based Rewards, dan Operational Excellence for Seamless Employee Experience.

Perseroan, kata Eric, mengimplementasikan serangkaian program yang terkait lima pilar ini untuk merespons beragam perubahan bisnis, sosial, dan teknologi serta untuk membuat CIMB Niaga jadi pilihan talenta sebagai tempat bekerja yang utama, dipercaya nasabah, regulator, hingga investor. CIMB Niaga menginisasi transformasi digital, memperkuat organisasi yang berkinerja tinggi dan sehat, serta mengimplementasikan praktik terbaik pengembangan SDM.

TCB, misalnya, merupakan program komprehensif untuk menghasilkan bankir yang berdaya saing tinggi dan memberikan nilai tambah kepada perseroan. Program yang diluncurkan pada 2010 ini sudah terlaksana 29 batch dengan 241 peserta. Lulusan TCB diproyeksikan menjadi universal banker ataupun universal leader yang mengisi posisi manajemen senior dalam kurun waktu 7-10 tahun mendatang

Eric menyampaikan, saat ini 19 lulusan TCB sudah berperan sebagai D-2 (2 down director) dan 65 orang D-3 (3 down director). Sejalan dengan upaya mempersiapkan diri menghadapi Revolusi Industri 4.0, CIMB Niaga memutakhirkan kurikulum program TCB dengan memberikan materi serta keterampilan digital dan mengolah data.

Infografis

Per 1 Desember 2022, lulusan TCB menduduki posisi sebagai berikut:

Sumber: Laporan Tahunan CIMB Niaga

“Transformasi digital learning didukung juga oleh platform Learning on The Go yang dikembangkan internal dan menghasilkan 1.600 modul pelatihan. Selain itu, kami juga mengembangkan learning experience platform maupun VR learning,” tuturnya.

CIMB Niaga tahun lalu juga menambah 11 modul dan submodul pembelajaran virtual reality (VR) yang baru, sehingga total modul pembelajaran VR menjadi 16 modul dan submodul. Di antaranya mencakup penanganan keluhan nasabah, pembukaan rekening, standar layanan teller, phoning skill, dan coaching skill.

CIMB Niaga rajin mendorong setiap karyawan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait digital dan data, seperti metodologi coding, analisis data, dan design thinking. Karyawan pada level middle dan senior management diberi pendidikan di program Digital Leadership 2022 untuk meningkatkan kemampuan dan kepemimpinan dalam transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi.

“Kami juga memiliki program Compact Digital Leadership Development yang bertujuan untuk memiliki digital leadership mindset dan skillset di level senior dan middle manager serta personalized learning experience agar pegawai terlatih menggunakan artificial intelligence (AI) di learning platform,” kata Eric. Pelatihan pun diberikan kepada pegawai di Departemen SDM yang bertajuk HR Leadership Program.

Ada pula The Complete Manager Program yang melatih 1.800 karyawan level manajer menengah (middle manager) untuk menjadi line manager. Juga ada program Talent Mobility & Succession Planning yang menyiapkan para talenta di posisi strategis.

Selain itu, CIMB Niaga pun mengaktivasi Technology Graduate Program. Program ini diproyeksikan untuk menyokong pertumbuhan bisnis. Sebagai contoh, program Golden Branch 3.0 (untuk mengakselerasi transformasi bisnis di segmen perbankan ritel) dan Credit Academy.

CIMB Niaga juga berinisiatif melatih pegawai di CIMB Niaga Syariah melalui Sharia Certification Program. Untuk mendorong inovasi, kata Eric, perusahaannya rutin mengadakan OPeRA (Outstanding Perfomance Recognation Award) Innovation dan TCB Hack a Future.

Program pelatihan itu beriringan dengan program pengembangan pegawai untuk menjaga kebugaran dan psikologis di era pandemi Covid-19. “Inisiatif kami untuk menyeimbangkan wellbeing di CIMB Niaga itu ada lima aspek, yaitu physical, spiritual & mental wellbeing, community wellbeing, career wellbeing, team wellbeing, dan financial wellbeing. Ini semua diselaraskan dengan keberagaman dan inklusi,” Eric menjelaskan. Untuk keberagaman gender, komposisi pegawai perempuan sebanyak 51% dan laki-laki 49%.

CIMB Niaga mempraktikkan HyWork (hybrid working dan happy working) untuk mendorong karyawan tetap produktif saat bekerja di kantor ataupun di rumah. “HyWork ecosystem berdampak positif terhadap kesehatan organisasi kami yang berdasarkan peringkat Organizational Health Index naik ke posisi 83 pada 2022 dari sebelumnya 86 dari survei di 2021. Selain itu, impact yang terjadi adalah kinerja finansial yang tumbuh,” ungkapnya.

CIMB Niaga mampu memberikan kontribusi laba sebelum pajak kepada induk perusahaan (CIMB Group Holdings Berhad) sekitar 54% di tahun 2020, 26% di 2021, serta 24% di 2022. CIMB Group memiliki kepemilikan saham sebesar 91,48% di CIMB Niaga.

Praktik CIMB Niaga mengembangkan SDM ini diapresiasi SWA Media Group dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB-UI) dengan menyematkan predikat “Excellent” pada dua kategori, yaitu Learning & Development and Knowledge Management serta Wellbeing Management, pada ajang Indonesia HR Excellence Award 2023. (*)

Sri Niken Handayani & Vicky Rachman

www.swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)