Elnusa Petrofin, Dorong Pemimpin Lahirkan Pemimpin Baru

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin.
Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin.

Mengemban tugas sebagai ujung tombak PT Pertamina (Persero) dalam mendistribusikan produk energi dan BBM sampai ke pelosok negeri, PT Elnusa Petrofin (EPN) berupaya memastikan kualitas sumber daya manusianya dapat menunjang operasional perusahaan. EPN merupakan anak usaha PT Elnusa Tbk., yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi.

Demi mewujudkan visi menjadi leading company di sektor hilir migas, perusahaan terus melakukan upaya perbaikan. “Untuk mencapainya, kami percaya salah satu kekuatan utama adalah leadership agility dan strong talent pipeline,” ujar Evi Silvia Salsabila, Head of Corporate Planning, Corporate Communication, and Organizational Transformation EPN.

Menurut Evi, dalam menghadapi kondisi VUCA, dibutuhkan barisan pemimpin yang kuat, yang bisa mendorong organisasi menuju tujuan bersama secara harmonis. Porsi mereka idealnya mencapai 30% dari populasi karyawan.

Untuk melahirkan pemimpin berkualitas unggul dari internal perusahaan, EPN melakukan transformasi dari sisi SDM. Ada pelatihan bagi internal, program Graduate Trainee (GT Program), dan program pengembangan karier lainnya. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan bisnisnya.

Evi mengatakan, EPN berupaya mencetak pemimpin dari internal organisasi. Alasannya, hal ini akan memberikan kepada karyawan kesempatan career path yang baik, serta suasana yang sehat untuk menanamkan nilai-nilai perusahaan. Perusahaan ini memberikan program pengembangan kepemimpinan terstruktur yang menggabungkan antara pelatihan kelas dan eksposur langsung ke berbagai pekerjaan, baik melalui rotasi pekerjaan maupun pemberian tugas khusus.

Perusahaan mematok 250 jam pembelajaran sebagai key performance indicator(KPI) setiap karyawan. Leader diwajibkan mengorkestrasi dengan berbagai tools pengembangan: training, coaching session, job assignment, self study, dan sebagainya.

Dalam pengembangan karyawan ini, perusahaan mengidentifikasi posisi-posisi esensial terhadap keberlanjutan jangka panjangnya. Setelah itu, dilakukan pengukuran kemajuan (progress) secara reguler untuk memastikan terdapat kandidat solid yang dapat menempati posisi tepat di waktu yang tepat.

“Strategi pengembangan SDM kami terapkan secara sistematis dalam menghadapi disrupsi, khususnya akibat pandemi Covid-19.” Haris Syahrudin, Dirut PT Elnusa Petrofin

Hal terpenting berikutnya adalah setiap leader di tiap unit harus menyiapkan para suksesor dengan perencanaan terstruktur. “Salah satu keberhasilan seorang pemimpin adalah bagaimana ia bisa mencetak pemimpin generasi baru,” Evi menandaskan.

Selain itu, dalam dua tahun terakhir, EPN menginisiasi transformasi digital sebagai salah satu KPI setiap pemimpin. Hasilnya, hingga saat ini ada 20 inisiatif digital yang menghasilkan 79% kenaikan yang mendukung operational excellence. Adapun dari segi budaya perusahaan, setiap leader bisa menjadi change agent yang mendorong internalisasi nilai-nilai perusahaan.

Bagaimana hasil dari langkah pengembangan karyawan tersebut? Untuk program graduate trainee, 27% di antaranya sudah menduduki posisi kunci seperti Head of Operation. Lalu, 93% dari HSSE Academy sudah menduduki posisi kunci seperti HSSE Officer dan 7% Head of Operations. Dan dari Korlap Academy, 38% berhasil ditempatkan di posisi kunci, yakni Head of Operations dan Head of Office Support.

Pengukuran keberhasilan lainnya bisa dilihat dari komposisi pemimpin dari internal. Yakni,  67% pada posisi C-level, 67% pada posisi GM, 61% pada posisi kepala departemen,72% pada posisi kepala seksi, dan 63% pada posisi kepala unit (level supervisor).

 Saat menerima penghargaan Indonesia Best Companies In Creating Leaders from Within 2021 untuk kategori Services and Retail, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin menyampaikan bahwa pengembangan SDM yang unggul merupakan salah satu poin penting dalam Elnusa Petrofin 7 Ways. “Strategi pengembangan SDM kami terapkan secara sistematis dalam menghadapi disrupsi, khususnya akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Haris, penghargaan ini menjadi motivasi pendorong bagi tim yang menjalankan fungsi HR, khususnya People Development, di EPN, agar ke depan semakin baik dalam menciptakan program-program pengembangan SDM yang inovatif. “Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Elnusa Petrofin yang selalu mengedepankan kepemimpinan dengan memperhatikan kompetensi SDM,” katanya. (*)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)