Anton Wahyudi Hariono, Mengembangkan Divisi SDM sebagai Revenue Center

Anton Wahyudi Hariono, Manajer Shared Services Operation Infomedia

PT Infomedia Nusantara adalah anak perusahaan Grup Telkom yang mengkhususkan diri pada penyediaan solusi pengelolaan proses bisnis dan contact center. Perusahaan ini menempatkan Divisi Human Resources (HR)/SDM tidak hanya sebagai mitra bisnis yang fokus di internal proses, melainkan sebagai center of excellent yang berfungsi sebagai playmaker untuk me-leverage bisnis perusahaan.

Dengan demikian, dikatakan Anton Wahyudi Hariono, Manajer Shared Services Operation Infomedia, terjadi benefit berupa cost efficiency dan saving, mulai dari consolidation hingga standardization automation. “Ini yang akan dilakukan secara bertahap di semua Telkom Group dan tahun lalu unit departemen kami menghasilkan revenue Rp 22 miliar,” ungkap Anton.

Mengembangkan Divisi SDM sebagai revenue center juga dilakukan dengan cara ekstensifikasi, seperti pada proyek rekrutmen Pertamina tahun 2015. “Rekrutmennya menggunakan jasa dari Divisi SDM Infomedia. Ini upaya kami untuk mentransformasi Divisi SDM yang tadinya sebagai unit support menjadi revenue generator,” kata Anton.

Untuk mencetak SDM berkualitas di Infomedia, manajemen perusahaan memiliki delapan item yang menjadi landasan. Bermula dari rekrutmen, kemudian menjalankan program pelatihan, skema remunerasi dan benefit yang membuat karyawan loyal dan happy, talent management, organization management, treatment terhadap target individual yang men-challenge produktivitas mereka meningkat, hingga program performance management dan program penerapan budaya perusahaan yang harus diimplementasikan oleh seluruh karyawan.

Vina Anggita & Vicky Rachman

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)