Haffriza Siggit Ariyadi, Kreator Program Pendidikan Karyawan Adira Finance

Haffriza Siggit Ariyadi, Head of Change Management Adira Finance.
Haffriza Siggit Ariyadi, Head of Change Management Adira Finance.

Haffriza Siggit Ariyadi meminati isu terkini mengenai manajemen SDM dan analisis bisnis. Lulusan Fakultas Psikologi, Universitas Islam Indonesia (2009), ini pernah berkarier di beberapa perusahaan di beragam sektor industri, yakni Tunas Group (2010-2012), PT Intraco Penta Tbk. (2012-2014), dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) sejak 2014. Siggit kini menjabat sebagai Regional Corporate University-Jabotabek dan Head of Change Management Adira Finance.

Tatkala berkarier di Adira Finance, Siggit di rentang tahun 2014-2019 menginisiasi program SDM dan memperoleh penghargaan. Pada 2014, ia merupakan salah satu inisiator tim yang membentuk Corporate University Adira Finance. Setahun berselang, ia adalah Ketua Tim Sekolah Penjualan dan Pemasaran serta Sekolah Manajemen Risiko Adira Finance, dan agen perubahan untuk transformasi bisnis Adira Finance yang diembannya pada 2018-2019. Penghargaan pernah diterimanya tatkala menjadi Ketua Tim di ajang Knowledge Management Award di 2015 dan 2017.

Di perusahaan lain, Tunas Group, ia mengkreasikan program Pengembangan Manajer Kantor Cabang Tunas Daihatsu di 2011. Di Intraco, ia merupakan anggota tim yang meraih Juara 3 di Volvo Master Global pada 2013 dan anggota tim yang menginisiasi program INTA Institute di tahun yang sama.

Siggit berusaha memperluas cakrawala pengetahuan mengenai SDM. Ia berpendapat, tantangan SDM pada masa pandemi dan beberapa tahun mendatang adalah kesenjangan generasi angkatan kerja, digitalisasi, serta regulasi tentang ketenagakerjaan.

Kelak, jika dipercaya menjadi Direktur SDM, ia akan melakukan serangkaian program untuk merespons dinamika tersebut. “Dari tantangan tersebut, ada tiga yang harus dilakukan oleh HR. Pertama, reassess strategy, yakni menilai ulang strategi yang sudah dilakukan. Kedua, melakukan program revamp HR untuk mengembangkan program SDM. Ketiga, program reinforce support untuk menjadikan divisi SDM sebagai mitra kerja yang mendukung bisnis perusahaan,” tuturnya.

Siggit merumuskan HR Strategy ini sebagai IDEAS (Inclusion and Belonging) sebagai program yang dirancang inklusif agar tingkat memiliki dan keterikatan pegawai kian tumbuh. “Akselerasi digital juga dipercepat agar pegawai lebih agile,” tutur kelahiran Pontianak, 36 tahun silam ini.

Sekarang ia fokus melanjutkan program digitaliasi SDM Adira Finance. “Yang sudah dilakukan seperti on boarding process, rekrutmen online, learning ecosystem, dan program Happiness. Program-program ini saya lakukan di wilayah bersama dengan kantor pusat,” katanya. Adira Finance mengelola 4.000 karyawan yang tersebar di 34 titik di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Bersama tim, ia menciptakan agen kebahagiaan melalui program AHA Bosque (Adira Happiness Agents Bosque), mengelola 200 pegawai yang didapuk sebaga agen perubahan. ”Perusahaan mengimplementasikan program Adira Happiness untuk membentuk karyawan yang produktif dan bahagia yang pada akhirnya mendukung sikap organisasi untuk menciptakan happy customer. Kebahagian pegawai juga terlihat dari kebijakan manajemen yang mempersilakan pegawai mendekorasi ruang kerja sesuai selera,” ia menuturkan.

Sepuluh tahun yang lalu, Adira selalu strict, ruang kerja harus sama, bahkan posisi mejanya sama. “Sekarang kami bebas, mau ditaruh tanaman hias, ikan, dan lainnya. Itu juga yang membuat karyawan betah di kantor sehingga diharapkan mereka mendapatkan inspirasi dan ujungnya meningkatkan produktivitas,” Siggit menjelaskan.

Produktivitas karyawan memang semakin meningkat. Karyawan yang berkualitas pun dipertahankan meski kondisi bisnis pembiayaan terdampak pandemi Covid-19. ”Jadi, di 2020 itu talenta-talenta Adira Finance kami pertahankan dan ditempatkan di area yang membutuhkan,” ungkap Siggit.

Karyawan pun didorong menambah keterampilan untuk memperkokoh ekosistem kolaborasi. ”Contohnya, setiap bulan kami punya program refreshment yang masif dilakukan oleh leader-leader secara online di seluruh wilayah. Lalu, berita-berita terbaru Adira Finance disebarkan melalui video dan podcast,” katanya. (*)

Vina Anggita & Vicky Rachman

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)