Muthia Nurul Huda, Inisiatif untuk Organisasi yang Fleksibel

Muthia Nurul Huda, Talent Management SO Telkom Indonesia

Hampir sepuluh tahun Muthia Nurul Huda berkarier di bidang human capital (HC). Sebelum bergabung di Grup Telkom, ia menjadi Training Senior Officer (SO) di Toyota Astra Motor. Di sana ia turut mengembangkan dual leader career path dan training roadmap. Setelah itu, Muthia berlabuh di Telin dengan sumbangsih berupa program development untuk seluruh karyawan dengan sistem batch.

Kini di Telkom Indonesia, sebagai Talent Management SO, Muthia menghadapi tantangan yang tidak ringan. Telkom tengah bertransformasi dari bisnis komunikasi konvensional ke bisnis digital. Dalam kondisi demikian, direktorat HC harus mampu menopang langkah transformasi yang ada.

Realisasinya, Muthia bersama tim melakukan sejumlah inisiatif. Pertama, New Talent Classification. Mengubah penentuan talent classification, dari cross function menjadi per job function. Kedua, setelah mendapatkan top talent, menentukan suksesor dari key strategic yang ada di seluruh Telkom, dan dibuat dalam bentuk individual development plan. Ini dilakukan secara national wide, dengan partisipan lebih dari 4.000 karyawan “Talent classification based on job function ini adalah suatu breakthrough dalam menyeleksi talent,” kata Muthia. “Jadi, dari semua subsidiaries Telkom, dicari siapa yang terbaik.

Inisiatif berikutnya, mengembangkan model Flexible Organization for Organic and Inorganic Growth, Clear & Transparent Career System, serta platform Esperantum. Untuk mengarahkan karyawan agar terus berkreasi membuat sesuatu, dibuat laboratorium inovasi bernama Amoeba. “Supaya membentuk organisasi yang sifatnya agile,” ujar Muthia.

Berbagai inisiatif tersebut merupakan kontribusi untuk menopang langkah transformasi Telkom.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)