Webinar HR Excellence Award 2021: Praktik Manajemen SDM Terbaik di Tengah Tantangan Pandemi

Webinar HR Excellence Award 2021

Meski pandemi Covid-19 masih melanda dan PPKM masih berlangsung, tidak menghalangi perusahaan-perusahaan untuk tetap meningkatkan kapabilitas pengelolaan Sumber Daya Manusis (SDM) di tengah tantangan yang makin berat dan perubahan pola kerja serba digital.

Dan Majalah SWA konsisten mengadakan HR Excellence Award, ajang tahunan yang digelar untuk mencari praktik manajemen SDM terbaik di Indonesia. Dalam gelaran HR Excellence Award 2021, SWA bekerja sama dengan LMFEB Universitas Indonesia  dan SWANETWORK sebagai mitra.

Tantangan peserta HR Excellence Award 2021 saat pandemi ganda: bertarung melawan disrupsi digital serta isu keselamatan dan kehidupan karyawan dari dampak Covid-19 di samping keberlanjutan bisnis perusahaan itu sendiri menurun karena kondisi perekonomian nasional juga merosot.

Menurut Willem A. Makaliwe, Ketua LMFEB Universitas Indonesia, secara umum kualitas peserta kompetisi HR Excellence 2021 lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang tahun sebelumnya merupakan front-runner, kini harus bersaing ketat dengan peserta lain. Peserta yang tahun sebelumnya dinilai memiliki sejumlah kekurangan, kini menunjukkan telah mampu menginternalisasi dan mempraktikkan masukan dari Dewan Juri. Selain itu, ada pula wajah-wajah baru yang turut memperketat persaingan.

Ada hal-hal menarik di tengah situasi Covid-19 yang tidak nyaman bagi para peserta, khususnya finalis  HR Excellence 2021, terungkap bahwa sekalipun tantangan bertambah besar, kesempatan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas SDM justru kian menemukan momentumnya di tengah pandemi.

“Setidaknya, ada dua hal menonjol terkait isu tersebut. Pertama, pola kerja work from home (WFH) dan work from anywhere (WFA) membuat metode e-learning dalam menggembleng talenta kian mendapatkan momentum. E-learning yang semula sering parsial karena lebih banyak orang yang belajar langsung melalui ruang-ruang kelas, kini semakin menjadi kultur pada banyak perusahaan dan ditengarai menjadi pilihan utama pada tahun-tahun mendatang,” jelas Kemal Effendi Gani, Group Chief Editor SWA.

Isu kedua, yang juga makin mendapatkan momentum adalah digital recruitment. Kini, kanal untuk merekrut karyawan secara digital lebih mendapat tempat daripada masa sebelumnya sehingga dieksplorasi seoptimal mungkin, termasuk dalam adopsi digitalisasi berbagai pekerjaan HR yang sudah semakin masif dan berjalan sangat efektif di berbagai korporasi di Indonesia.

Selain mampu menjaring temuan-temuan menarik dalam hal praktik dan tren baru bidang HR di kalangan peserta, penjurian HR Excellence Award 2021 juga berhasil memilih perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia yang unggul dalam pengelolaan HR. Para juara HR itu menang dalam bidang HR yang dipertandingkan, yakni bidang Learning and Development, Reward Management & Talent Retention, Talent Acquisition, Managing Transformation, HR Digitalization & People Analytics, dan Knowledge Management.

Ajang seleksi tahun ini ini diikuti 35 perusahaan yang terbagi dalam lima sektor bisnis, yakni keuangan-bank, perdagangan dan jasa, keuangan nonbank, telekomunikasi dan media, serta sektor manufaktur. Para peserta diseleksi oleh tim juri yang kompeten di bidang HR pada 22-23 Juni 2021.

Dari sesi presentasi para finalis HR Excellence 2021, terungkap bahwa yang menjadi game changer adalah komitmen para leader, terutama sang pemilik, dalam menjadikan praktik HR di perusahaannya berjalan di koridor yang baik dan penuh dukungan. Inilah yang menjadi faktor pembeda antara mereka yang telah dengan sadar memeluk perubahan jauh sebelumnya dan mereka yang merasa terbebani ketika menyiapkan infrastruktur untuk mendukung manajemen HR yang memadai.

Selain apresiasi HR Excellence Award 2021, istimewanya tahun ini juga dilengkapi dengan webinar bertema ‘Championing HR Roles through Transformation & Digitization Strategy in the Challenging Era’. Keynote speech disampaikan oleh Ignasius Jonan, Leadership Expert &  Menteri Perhubungan 2014-2016.

Dalam webinar yang berlangsung sekitar tiga jam (14.00-17.00 WIB) ini, dibagi tiga sesi. Sesi pertama dengan topik ‘Leading HR Transformation Towards Agile Organization’ diisi oleh tiga pembicara. Masing-masing adalah Steven A Yudhianto (SVP Human Capital Strategy & Talent Management PT Bank Mandiri Tbk); Isabella Hutahaean (Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga – Pertamina Group); dan Abdur Rahman Irsyad (Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan).

Pada sesi kedua bertema ‘Leveraging HR Technology to Win Business Competition’ dihadirkan dua nara sumber yang menarik. Pertama, Jimmy Perangin Angin selaku HR Legal &CSR Director PT Erajaya Swasembada Tbk. Kedua, Chief People & Corporate Strategy Officer PT Espay Debit Koe Indonesia (Dana Indonesia) Agustina Samara.

Terakhir, di sesi ketiga mengusung tema ‘The Future of HR Roles: Youth’s Perspective’ dengan dua pembicara. Mereka adalah Abd Wahid Wijaya, AVP Culture Transformation PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. dan Regina Karlina, People & Culture Manager PT Sasa Inti.

Selain pelajaran dari uraian para narasumber hebat dalam webinar ini dan pemaparan finalis HR Excellence Award 2021, ajang sejatinya bukanlah acara memamerkan apa saja praktik SDM yang telah dilakukan perusahaan-perusahaan. Filosofi acara ini sejak awal diselenggarakan diarahkan menjadi cermin untuk melihat seberapa baik praktik pengelolaan SDM yang dilakukan, dan seberapa jauh improvement yang dijalankan.

Webinar HR Excellnce Award 2021 ini disponsori oleh Bank Mandiri, Telkomsel, Sinarmas Mining, Paragon Group, Bank BTN, Bank Danamon, Axa Mandiri, Eraja Swasembada, BPJS Ketenagakerjaan plus Adira Finance.



www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)