Helen Melinda, Fokus Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Bisnis TV berbayar masih sangat menguntungkan di Indonesia. Namun, para pemainnya perlu melakukan sejumlah terobosan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Inilah fokus Finance & General Administration Director Nexmedia, Helen Melinda.

Sepanjang tahun 2015, pendapatan Nexmedia tumbuh 35% secara year on year. Pada periode yang sama, EBITDA meningkat sekitar 60% dan gross profit margin masih melaju mulus di jalur positif. Jumlah pelanggan mereka sudah mencapai 175 ribu di wilayah Jabodetabek.

“Kam terus meningkatkan loyalitas konsumen karena model bisnis pay tv adalah langganan bulanan. Semakin lama berlangganan, akan semakin baik. Caranya, kami menyediakan metode pembayaran yang mudah bagi konsumen lewat berbagai kanal,” katanya.

Dia mencontohkan pembayaran lewat jaringan toko Indomaret, juga kanal perbankan seperti PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Pelanggan juga bisa membayar lewat kartu debit (autodebet) dan kartu kredit (autopay).

Helen Melinda Nexmedia3 Finance & General Administration Director Nexmedia, Helen Melinda.

Untuk memudahkan pembayaran, Per Juni 2016, Nexmedia sudah tercatat d ATM BCA, internet banking BCA (klikBCA), dan mBCA. Ini tergolong prestasi yang membanggakan mengingat prosesnya yang cukup panjang dan sulit. Selanjutnya, di bulan Juli, Nexmedia menjalin kerjasama serupa dengan Bank Mandiri.

Untuk meningkatkan profitabilitas, Nexmedia berusaha meningkatkan efisiensi biaya dengan membuat kontrol internal dan mencari alternatif vendor yang menawarkan harga lebih murah dari yang sudah ada. Sebut saja, vendor untuk pemasaran.

“Di bagian keuangan, saya memberikan support perhitungan dan analisa. Berdasarkan data-data keuangan yang ada, saya memberi gambaran dan feedback kepada manajemen. Mereka yang nanti akan mengambil keputusan,” katanya.

Helen menjelaskan tugas CFO bukan hanya sekadar menjaga uang, tapi juga memperhatikan cashflow dengan baik. Termasuk, inisiatif mencari sumber pendanaan baru. Sejauh ini, sumber pendanaan masih berasal dari shareholder.

“Prinsip saya dalam mengelola keuangan adalah yang utama adalah berdasarkan data (based on data). Tidak boleh berdasarkan cerita, tapi sesuai fakta di lapangan. Data itu yang harus dibenahi dulu. Kalau salah, bisa misleading,” katanya.

Ke depan, Nexmedia akan fokus mendorong penjualan Nexdrive. Jumlah pelanggannya kini sudah mencapai ratusan di wilayah Jabodetabek. Helen mengakui dirinya tengah mengajukan rencana digitalisasi Nexmedia agar semakin akomodatif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital.

“Kemudian rencana lainnya terkait dengan Billing system yang lebih canggih dan saat ini sedang memilih beberapa vendor reputable International untuk bermitra bersama kami,” katanya. (Reportase: Syukron Ali)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)