Ivory Sembiring: CFO Mesti Menjiwai Bisnis

Tidak sembarang orang bisa mengatur keuangan perusahaan dengan baik. Itulah dibutuhkan seorang direktur keuangan yang menjiwai bisnis perusahaan. Tanpa passion yang, sulit baginya untuk menunaikan tugas seorang CFO.

“Jadi, intinya finance is one thing untuk seorang CFO. Di sisi lain, dia harus benar-benar bisa memahami bisnis perusahaan. Passion-nya harus ada sehingga dia bisa menjaga aset, dan lainnya,” kata Ivory Benyamin T. Sembiring, Finance Director PT Fitness First Indonesia.

Saat pertama kali bergabung dengan Fitness First di tahun 2015, Ivory menemui sederet masalah mendasar. Mulai dari proses transaksinya, kemudian sampai naik ke analisis, lalu business partnering. Selama 6 bulan, ia melakukan pembenahan secara menyeluruh.

“Akuntingnya harus benar, auditnya harus benar, reporting-nya juga harus benar. Terutama, audit. Itu seperti rapor untuk di-share ke pemegang saham. Jika terlambat, bisa jadi masalah,” katanya.

Ivory Benyamin T. Sembiring, Finance Director PT Fitness First Indonesia. Ivory Benyamin T. Sembiring, Finance Director PT Fitness First Indonesia.

Setelah menyelesaikan soal pelaporan, lanjut dia, kemudian masuk ke tahap berikutnya yakni analisis data dengan benar. Ini dibutuhkan agar Direktorat Keuangan bisa menjadi rekan bisnis yang efektif demi kemajuan perusahaan.

“Setelah 12 bulan (pembenahan), baru kami sudah mulai bicara yang business partnering. Syaratnya, data sudah harus benar. Sehingga, bisa diteruskan ke manajemen untuk memberi masukan strategi bisnis,” katanya.

Setelah memberikan masukan (advice) tentang strategi bisnis, seorang CFO juga dituntut untuk juga proaktif. Khusus, untuk Fitness First adalah bagaimana mendorong kenaikan jumlah anggota (member) yang berkualitas. “Mereka rajin datang setiap bulan dan rajin bayar. Proses ordernya, cash-nya itu yang juga harus kami beresin,” ujar dia.

Fitness First kini sudah tersebar di 16 negara. Di Indonesia, mereka memiliki jaringan 11 klub fitnes, seperti di Plaza Semanggi, Cibubur Junction, Senayan City, Taman Anggrek, Oakwood, dan Pacific Place. Ada banyak keuntungan menjadi anggota (member) Fitness First.

Seperti, mendapatkan dua sesi personal trainer gratis berdurasi 30 menit, bisa mengakses semua klub dan mencoba berbagai fasilitas inovatif dan peralatan modern yang tersedia. Anggota juga bisa menikmati berbagai variasi kelas latihan grup di tiap klub, mendapatkan freestyle team workout, dan banyak keuntungan lainnya. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)