Kiat Abhishek Shah Mengibarkan IBM Indonesia

Abhishek Shah meniti karier di IBM Indonesia sejak 2005 silam. Sejak 2015 lalu, pria yang meraih gelar MBA dari Mumbai University ini mendapat amanah menjadi CFO IBM Indonesia. “Selama 11 tahun bergabung dengan IBM, saya sudah cukup banyak cerita bekerja di berbagai negara dengan budaya yang berbeda-beda. Sebagai CFO, saya memetakan 4 karakteristik yang saya jalankan,” kata dia.

Pertama, adalah strategic thinker, yakni kemampuan mendasar seperti membuat anggaran dan laporan keuangan. Ia melakukan roadshow ke sejumlah IBM Corporate Leaders di wilayah ASEAN untuk menunjukkan pertumbuhan dan strategi investasi di Indonesia. “Sehingga, mereka akhirnya mau mendukung identifikasi persyaratan investasi di Indonesia. Kami membangun strategic plan-mnya hanya dalam kurun waktu 4 bulan,” katanya.

abhishek shah IBM CFO IBM Indonesia, Abhishek Shah

Kedua, menciptakan peluang bisnis baru dan memacu penjualan. Salah satunya, membangun kerjasama dengan perusahaan ventura. Mereka juga menggandeng komunitas startup di Indonesia untuk membuka peluang meningkatkan penjualan dari dalam ekosistem startup sekaligus membantu membangun brand IBM.

“Dalam waktu 8 bulan, saya juga terjun langsung mendatangi lebih dari 20 klien untuk bernegosiasi langsung untuk menjual pitches to cash dan deal structurng discussions,” katanya.

Hasilnya, dia mulai dikenal luas sebagai seller & business development leader yang berjalan beriringan dengan fungsi CFO. Dia juga membangun jaringan dengan lebih dari 50 CEO dan CFO perusahaan ternama di dunia.

“Hasilnya, dalam waktu 8 bulan dari relasi itu, IBM bisa menambah peluang baru lagi. Kami juga berhasil mendapatkanlima direct sales pitches dalam 4 bulan terakhir,” ujar dia.

Keempat, menjadi katalis untuk perkembangan organisasi. Dia mencontohkan keberhasilan membangun kasus bisnis yang setara dengan tim manajemen regonal. Ia juga sukses mengeksekusi salary increments di tim CFO untuk menyesuaikan dengan persyaratan kompensasinya.

“Kami juga berhasil mendorong 80% pertumbuhan ukuran di tim keuangan. Detilnya, saya sukses mendorong pertumbuhan di total support dan finance team size 20% dalam kurun waktu 8 bulan,” kata dia. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)