Para Pemimpin Muda Wanita Taklukkan Banyak Rintangan

Melisa Hendrawati, VP Senior Manajemen Resiko Kredit DBS Indonesia

Wanita memang dianugerahi kelebihan kemampuan untuk mengerjakan multi tugas dalam satu waktu atau yang dikenal dengan istilah 'multitasking'. Tetapi hal ini rupaya tidak serta-merta membuat wanita menjadi sukses dalam setiap perannya.

Wanita yang berperan menjadi pekerja formal pun ternyata hanya sedikit yang mampu mencapai puncak karier, meski memiliki kemampuan multitasking. Rupanya multitasking saja tidak cukup, harus juga dibarengi dengan kegigihan, ulet dan fokus.

Kemal Efendi Gani, Pemimpin Usaha Majalah SWA mengatakan saat ini
wanita yang menduduki posisi puncak dalam organisasi bisnis masih
sedikit. Di sektor swasta, wanita yang berhasil mendudi posisi
pemimpin atau Board of Directors hanya sekita 14%, demikian juga di
BUMN hanya 9%. Hal ini disampaikan dalam ajang penghargaan “Business
Women of The Year 2019” yang diselenggarakan oleh Majalah SWA pada
Rabu 31/7/2019 lalu.

Menurut Kemal, ajang penghargaan ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi para wanita memilih mengembangkan diri dalam organisasi bisnis untuk semangat dan ulet mencapai posisi tertinggi dalam karirnya. “Kami telah memilih sepuluh finalis yang mendapatkan penghargaan ini, dan mereka telah menunjukkan bagaimana wanita telah berhasil memimpin perusahaan, melakukan inovasi dan terobosan bagi kemajuan bisnisnya,” jelas Kemal.

Dalam kesempatan tersebut, Melisa Hendrawati, VP Senior Manajemen Resiko Kredit Bank DBS Indonesia, berbagi pengalamannya berjuang dalam karirnya. Menurut Melisa, Ia harus ekstra memberikan waktu dan tenaga ketika dirinya harus berbagi peran antara tugasnya di kantor dan tugasnya di rumah sebagai ibu dan isteri. Tetapi hal itu tidak membuat semangatnya surut. Bahkan ketika ia memutuskan untuk tetap lanjut menjalani sebuah pendidikan singkat untuk meningkatkan skill dan kompetensinya di saat sedang mengandung buah hatinya.

“Bagi saya kesempatan itu tidak akan datang dua kali, maka meski sedang hamil saya tetap melanjutkan program pendidikan itu, saya malah berpikir keputusan itu bisa berdampak baik bagi calon bayi saya, karena ibunya fokus belajar, anaknya kelak bisa menjadi orang yang fokus dan semangat belajar juga,” jelasnya.

Terbukti Melisa menjadi dalah satu finalis yang memboyong penghargaan bergengsi “Young Woman Business Future Leader 2019” dari Majalah SWA.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)