2021 Pemerintah Alokasikan Rp 169 Triliun Untuk Bidang Kesehatan Termasuk Program Vaksinasi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan pada tahun 2021 pemerintah tetap akan mengalokasikan lebih dari Rp 169 triliun anggaran untuk bidang Kesehatan. Hal itu disampaikan Menkeu dalam dalam Konferensi Pers Update Ekonomi Terkini di BNPB, Senin 30/11.

Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pengadaaan dan program vaksinasi, perbaikan sarana prasarana dan penelitian pengembangan untuk vaksin merah-putih maupun untuk testing.

Pemerintah juga akan terus menjaga agar program dari Kementerian Kesehatan, Badan POM, dan berbagai lembaga untuk penelitian serta penemuan vaksin di Indonesia akan terus didukung melalui anggaran yang memadai.

Menkeu menjelaskan per 25 November 2020, sebanyak Rp 7,22 triliun telah dibayarkan untuk 681,4 ribu tenaga kesehatan. Selain itu santunan kematian juga dibayarkan untuk 200 tenaga kesehatan yang meninggal akibat Covid-19 saat melaksanakan tugas.

Presiden Jokowi sendiri juga kembali menegaskan kepada para menteri dan seluruh gubernur pada Rapat Terbatas (Ratas) Senin 30/11/2020 agar tidak lelah dan tidak lengah dalam menangani perkembangan Covid-19. Banyak kegiatan masyarakat, seperti libur akhir tahun dan pilkada yang harus diantisipasi dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Mari kita ciptakan kondisi yang aman dengan selalu waspada, jangan lelah menerapkan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)