4 Aspek yang Harus Menjadi Perhatian Penting Jelang Pilkada

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

Pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dilakukan secara serentak pada 9 Desember 2020. Ada 4 pesan yang disampaikan Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 untuk tetap menjaga penularan baru virus covid-19.

Pertama, Wiku menegaskan masyarakat pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing-masing daerah bangkit dari Covid-19. "Saya berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya memiliki pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi," kata Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

Kedua, masyarakat diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama gelaran pilkada 2020 berlangsung. Dia menyebut, jangan sampai gelaran pilkada berkontribusi terhadap peningkatan kasus atau menjadi klaster baru penularan.

Ketiga, para calon pemimpin di daerah diharapkan juga ikut mengkampanyekan pentingnya pilkada yang aman dan bebas Covid-19.

Keempat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah harus menindak tegas apabila ada calon kepala daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Bawaslu diminta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah untuk segera membubarkan kegiatan kampanye yang menimbulkan kerumunan. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri, saat ini, sudah merumuskan merumuskan aturan protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh penyelenggara pemilu yaitu, melakukan testing kepada petugas yang nanti akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) dan memastikan petugas pelaksana sehat dan bebas Covid-19. 

Pada TPS-TPS akan disiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Petugas pemilih juga diwajibkan memakai masker, menjaga jarak dan mengatur kedatangan pemilih sehingga dapat menghindari terjadinya kerumunan. Setiap pemilih sebelum memasuki TPS akan diperiksa suhu tubuhnya guna memastikan kesehatannya. Dan sebelum hari pelaksanaan harus dilakukan simulasi yang diawasi Satgas Covid-19. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)