8 Juta Dosis Vaksin Tahap ke-14 Tiba di Indonesia

Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 tahap 14 (31/5/2021) sebanyak 8 juta dosis bahan baku (bulk) produksi Sinovac. Dengan adanya penambahan 8 juta dosis maka total vaksin yang sudah diterima mencapai 92,9 juta dosis.

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan kedatangan vaksin ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 26,9 juta masyarakat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19.

Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Erick juga mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang jumlah vaksinasinya sudah tinggi. Namun jika dibandingkan dengan negara seperti China dan Amerika Serikat, jumlah vaksinasi di Indonesia masih rendah. “Oleh karena itu pemerintah akan terus meningkatkan jumlah vaksinasi di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi ini adalah game changer, sehingga jika vaksinasi tidak disertai dengan protokol kesehatan oleh masyarakat maka tidak bisa sustain. Maka adanya vaksin tersebut akan membantu masyarakat untuk mencegah penularan, menurunkan risiko kematian dan yang paling penting bisa mempercepat pemulihan ekonomi.

Ia optimis, vaksinasi bisa menggerakkan roda perekonomian. “Pemerintah optimistis, tahun ini ekonomi bisa tumbuh sekitar 4%-5%,” tuturnya. Ke depan, pemerintah juga terus mendorong adanya vaksin merah putih dengan kerjasama yang telah dilakukan dengan lima universitas dan dua lembaga penelitian.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)