Kemenkes Gandeng WhatsApp Hadirkan Chatbot Resmi Untuk Vaksinasi Covid-19

Kementerian Kesehatan Indonesia meluncurkan chatbot resmi WhatsApp untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Facebook dan PT Dam Korporindo Digital, anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) yang bertanggung jawab untuk mengelola dan melakukan pengembangan chatbot pada platform WhatsApp for Business (WABA).

Tujuan utama chatbot adalah untuk menyebarkan informasi penting dan menyederhanakan pendaftaran dan administrasi vaksinasi. Chatbot dirancang untuk menjadi inisiatif kesehatan publik dan komunitas. Dengan demikian, pengguna chatbot ini dapat diyakinkan akan perlindungan data pribadi mereka sesuai dengan peraturan dan regulasi undang-undang.

Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan mengatakan, melalui chatbot resmi WABA, Kementerian Kesehatan berupaya meningkatkan penyebaran informasi dan mendukung kemajuan Indonesia menuju target vaksinasi nasional.

“Untuk mendukung pencapaian target vaksinasi nasional, perlu dilakukan sosialisasi yang efektif kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan WhatsApp menyediakan platform penyebaran informasi Covid-19,” ujarnya. Chatbot vaksin Kementerian Kesehatan Indonesia diklaim merupakan yang pertama di dunia, dan telah menjadi tolok ukur bagi negara lain.

Victoria Grand, Vice President for Public Policy & Communication WhatsApp menambahkan, "Dengan lebih dari 2 miliar orang yang menggunakan WhatsApp, kami menyediakan cara yang aman, terpercaya dan familiar bagi masyarakat untuk mendaftar dan melaksanakan vaksinasi mereka. Kami melihat dampak positif dari hal ini bagi para pekerja garis depan dan pada saat Indonesia memasuki Fase 2 dari program vaksin nasional untuk lansia dan pekerja publik, kami berharap untuk melihat dampak dan tanggapan positif yang sama."

Sari Winda Permata, Direktur DKD pun berharap pihaknya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kebangkitan Indonesia dari pandemi. "Melalui chatbot ini, kami berupaya melengkapi upaya Pemerintah dalam menjalankan inisiatif kesehatan masyarakat dengan menyumbangkan kemampuan teknologi kami untuk upaya yang bermanfaat ini," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)